> Efek Menyentuh Bayi Tanpa Mencuci Tangan - BAYAR ZAKAT ONLINE

Desember 29, 2019

Efek Menyentuh Bayi Tanpa Mencuci Tangan

sumber gambar : vemale.com

Hikmahdanhikmah.com – Sebuah kisah yang menunjukkan seorang bayi yang hampir saja kehilangan nyawa akibat terinfeksi virus penyakit pernapasan yang menular (RSV). Belajar dari kejadian ini, maka para pakar kesehatan sangat menyarankan untuk mencuci tangan sebelum menyentuh bayi.
Kisah ini berasal dari seorang ayah yang berasal dari Memphis Amerika Serikat yang menceritakan kalau bayinya terbaring sakit meningitis dan dirawat di sebuah rumah sakit.
Kondisi bayi ini sempat mengalami kritis akibat serangan virus. Bahkan sang ayah menceritakan kalau bayinya sempat tidak bernapas dan akhirnya bernapas kembali. Saat ini bayinya masuk dalam suatu ventilator dalam rumah sakit.

Diketahui bahwa bayi tersebut mendapatkan banyak diagnosa penyakit yang berbahaya seperti RSV, bronchitis, penumonia dan pada bagian kanan paru sang bayi tidak berfungsi.
Belajar dari kisah ini, maka para pakar kesehatan sangat menyarankan kepada para orang tua untuk memperhatikan kebersihan tangan saat memegang bayi. Sebaiknya anda mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh bayi. Hal ini mencegah terjadinya kontaminasi virus maupun bakteri pada tangan kita. Kebiasaan ini bisa mencegah paparan virus yang menyebabkan penyakit virus pernapasan menular seperti RSV.

Baca Juga : Begini Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak
Virus RSV merupakan ancaman yang sangat berbahaya yang bisa memicu masalah pernapasan yang buruk seperti munculnya pneumonia dan infeksi paru pada anak yang berusia kurang dari satu tahun.
Kondisi ini lebih rentan terjadi bagi bayi yang lahir dalam kondisi prematur dan masih berusia kurang dari tiga bulan. Saat tersebut sistem kekebalan tubuh bayi masih belum terbentuk komplit dan bekerja dengan optimal sehingga rentan akan infeksi.

Tidak mencuci tangan saat menyentuh tubuh bayi sangat rentan menularkan infeksi virus. Virus RSV ini tergolong sangat mudah menyebar yang bisa ditularkan lewat udara seperti halnya saat kita bersin. Selain itu jenis virus ini juga masih bisa bertahan dalam suatu permukaan dalam kurun waktu yang berjam-jam.

Untuk mencegah penularan virus RSV ini pada bayi kita, maka sebaiknya kita mencuci tangan dulu dengan menggunakan sabun dan air sebelum menyentuh bayi. Dengan begitu kita bisa menurunkan resiko infeksi pada bayi akibat sentuhan dengan orang tua.


Artikel Terkait : Tips Mencegah Terjadinya Infeksi Saat Hamil
bahaya menyentuh bayi tanpa cuci tangan, Efek Menyentuh Bayi Tanpa Mencuci Tangan, manfaat mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh bayi, mengapa disarankan mencuci tangan sebelum menyentuh bayi, pentingnya mencuci tangan sebelum menyentuh bayi, resiko jika menyentuh bayi tanpa cuci tangan

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar