> Efek Samping Sering Memaksa Anak Belajar Tak Sesuai Gayanya - BAYAR ZAKAT ONLINE

Desember 02, 2019

Efek Samping Sering Memaksa Anak Belajar Tak Sesuai Gayanya

sumber gambar : Kesekolah.com

Hikmahdanhikmah.com – Tahukah para orang tua kalau seorang anak mempunyai gaya belajar masing-masing yang membuatnya lebih mudah memahami pelajaran. Namun pada kenyataannya banyak orang tua yang tidak mengerti hal ini dan memaksa anak untuk belajar dengan gaya orang tuanya. Berikut efek samping sering memaksa anak untuk belajar tak sesuai gayanya.
Ada tiga jenis gaya belajar pada seorang anak yaitu visual (emosional), auditori (pendengaran) dan kinestetik (gerakan). Bagi anak anda yang sekarang ini prestasi akademiknya menurun, maka bisa jadi disebabkan karena gaya belajar yang salah.

Efek samping yang akan terjadi jika orang tua memaksa anaknya belajar tidak sesuai gayanya adalah anak akan sulit untuk memahami suatu pelajaran. Ada kalangan anak yang suka belajar dengan melihat, ada juga yang suka mendengar, dan ada juga yang suka belajar sambil bergerak.

Baca Juga : Warna Kuning Terbukti Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak
Misalnya saja seorang orang tua yang ternyata anaknya mempunyai gaya belajar auditori namun dipaksakan belajar secara visual. Meskipun sudah belajar selama dua jam, maka informasi yang terserap hanya 30 persen saja, ungkap seorang psikolog anak dan remaja yang bernama Putu Andita.
Bukan hanya itu saja, sering memaksa anak untuk belajar tidak sesuai gayanya akan menyebabkan anak menjadi malas belajar. Ujung-ujungnya prestasi akademik anak akan anjlok.

Tahukah kita bahwa ada beberapa anak yang saat belajar bisa duduk diam dan tenang. Namun pada anak yang mempunyai gaya belajar kinestetik akan lebih cenderung banyak bergerak dan tidak bisa diam saat belajar.

Bagi seorang anak dengan gaya belajar visual, maka lebih suka melihat tulisan atau gambar-gambar pada buku pelajaran. Namun bagi mereka yang mempunyai tipe auditori, biasanya lebih suka mendengarkan pelajaran yang di jelaskan oleh Guru mereka. Atau juga bisa belajar dengan cara membaca dengan lebih keras agar bisa mendengarnya.
Dengan mengenali gaya belajar anak, maka akan membuat seorang anak lebih suka belajar dan lebih cepat untuk memahami pelajaran. Hal ini tentu sangat baik manfaatnya untuk meningkatkan prestasi akademiknya.


Artikel Terkait : Tips Mengetahui Gaya Belajar Seorang Anak
apa saja gaya belajar anak, bahaya memaksakan anak belajar sesuai keinginan orang tua, cara mengenali gaya belajar anak sekolah, dampak buruk memaksa anak belajar tidak sesuai gayanya, Efek Samping Sering Memaksa Anak Belajar Tak Sesuai Gayanya, pentingnya mengetahui gaya belajar anak

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar