> Ketahui Penyebab Mengapa Anak Suka Tak Pedulikan Larangan Orang Tua - BAYAR ZAKAT ONLINE

Desember 04, 2019

Ketahui Penyebab Mengapa Anak Suka Tak Pedulikan Larangan Orang Tua


sumber gambar : islamedia.id

Hikmahdanhikmah.com – Sebagai orang tua tentunya sering sekali untuk mengingatkan anak-anaknya jika melakukan hal yang kurang baik. Bagaimana jika ternyata anak kita tergolong suka tak pedulikan larangan orang tua ? Apa yang menjadi penyebabnya ?.

Dalam dunia anak-anak memang belum mengerti sepenuhnya mana hal yang baik dan kurang baik untuk dilakukan. Disitulah pentingnya peranan orang tua dalam memberikan pola asuh termasuk larangan tentang hal yang buruk.
Maksud dari orang tua melarang anak adalah agar melindungi anak dari segala kejadian yang kurang baik. Bagaimanapun orang tua sudah banyak melakoni berbagai peristiwa sehingga jauh lebih berpengalaman.

Tahukah kita bahwa apabila orang tua terlalu sering melarang anaknya untuk banyak hal, maka justru akan berdampak kurang baik bagi perkembangan. Anak akan tumbuh menjadi jiwa yang penakut dan kurang percaya diri.

Meskipun demikian, masih banyak orang tua yang tanpa sadar sering kali melarang anaknya untuk melakukan sesuatu. Misalnya saja terlalu sering mengucapkan kata ‘tidak’ yang bisa berdampak kurang baik pada anak.

Menurut para pakar edukasi anak dan parenting yang bernama Swati Popat Vat mengatakan bahwa orang tua yang terlalu sering melarang anaknya dengan selalu mengucapkan kata ‘tidak’ maka akan membuat anak menjadi lebih kebal terhadap larangan orang tua atau disiplin orang tua. Mereka akan cenderung terus melakukan hal yang dilarang oleh orang tua mereka.

Baca Juga : 3 Jenis Ucapan Orang Tua Yang Dilarang Diucapkan Kepada Anak

Untuk menghindari hal yang demikian, maka menurut para ahli orang tua hendaknya menerapkan pola asuh yang baik sejak anaknya masih bayi. Kita tahu bahwa saat bayi otak masih sangat alami dan bebas dari hal-hal yang buruk. Jika kita mendidik dengan hal yang baik, maka itu akan lebih mudah diserap dan menjadi panutan.

Ada beberapa tipe anak yang memang suka dengan hal atau tantangan yang baru. Namun banyak juga orang tua yang tidak bisa memahami keinginan anak ini. Banyak orang tua yang terlalu melarang keinginan anak untuk mengekplorasi lebih banyak pengetahuan yang belum mereka ketahui.

Jika orang tua tidak peka terhadap hal ini, maka anak akan berusaha untuk mencari tahu sendiri informasi yang ingin dia ketahui yang membuat anak menjadi kurang percaya dengan orang tua. Akibatnya membuat anak lebih suka untuk mengabaikan larangan orang tuanya.


Artikel Terkait : Pedulikan Larangan Orang Tua
anak suka tidak menghiraukan larangan orang tua, apa yang menyebabkan anak suka mengabaikan larangan orang tua, cara memperlakukan anak yang suka tidak menghiraukan larangan orang tua, Ketahui Penyebab Mengapa Anak Suka Tak Pedulikan Larangan Orang Tua, penyebab anak mengabaikan larangan orang tua, tips mengatasi anak yang suka mengabaikan larangan orang tua

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar