> Mengenal Pentingnya Peran Ayah Dalam Tumbuh Kembang Anak - BAYAR ZAKAT ONLINE

Desember 18, 2019

Mengenal Pentingnya Peran Ayah Dalam Tumbuh Kembang Anak


Hikmahdanhikmah.com – Kebanyakan dari orang menganggap hanya ibu yang mempunyai peranan besar terhadap tumbuh kembang anak. Namun ternyata ayah juga memiliki peranan yang tak kalah penting dibandingkan dengan ibu terhadap tumbuh kembang anak. Dengan perpaduan antara ibu dan ayah dalam mengasuh anak, maka akan berdampak besar terhadap perkembangan tumbuh kembang anak.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kedekatan antara seorang ibu dengan anak tidak terkalahkan. Hal ini disebabkan pada masa kecil anak yang selalu dekat dengan ibunya terutama saat menyusui.
Bagi kita yang beranggapan bahwa ayah tidak memiliki peranan yang besar bagi tumbuh kembang anak adalah anggapan yang salah. Ternyata menurut para pakar, peran asuh ayah dalam tumbuh kembang anak sangat penting bagi pertumbuhan fisik, intelektual, dan emosional seorang anak.

Jika kita melihat, seorang anak yang mempunyai pengasuhan yang seimbang dari kedua orang tuanya akan memiliki kepribadian yang lebih kuat saat dewasa kelak. Berbeda dengan mereka yang hanya memiliki satu orang tua saja yaitu ibu. Bagaimanapun sosok ayah sangat penting bagi seorang anak.
Bagi seorang anak laki-laki. Kehadiran seorang ayah sangat penting sebagai panutan anak untuk berperilaku sebagai seorang laki-laki. Namun bagi anak wanita, kehadiran seorang ayah penting untuk sebagai contoh anak bagaimana cara bersosialisasi dengan seorang pria.

Anak lebih cerdas
Seorang anak yang mendapatkan pola asuh yang seimbang dari seorang ayah akan menjadi anak yang lebih cerdas. Mereka cenderung menjadi sosok anak yang mempunyai prestasi akademik yang baik serta sangat aktif dalam dunia sekolah anak seperti mengikuti kegiatan-kegiatan sekolah.

Baca Juga : kiat untuk membentuk anak yang cerdas.

Minim masalah perilaku 
Dalam sebuah hasil studi menyebutkan bahwa seorang anak yang memiliki sosok seorang ayah yang baik akan memiliki tingkat kepercayaan diri yang kuat dan lebih terhindar dari penyimpangan perilaku anak. Selain itu anak akan menjadi pribadi yang tidak agresif.
Bukan hanya itu saja, jika peranan ayah seimbang dalam pengasuhan anak, maka akan membuat seorang anak lebih kuat atau tahan dalam menghadapi masalah atau tidak mudah stress dan frustasi. Selain itu anak juga mempunyai kemampuan menyelesaikan masalah dengan baik serta lebih pandai beradaptasi.

Memengaruhi hubungan anak kelak
Sikap seorang ayah dalam keluarga menjadi sebuah panutan seorang anak dalam menjalani kehidupan kelak. Bagaimana cara ayah mengajarkan kepada anak, berkomunikasi dengan ibu anak, itu semua akan membekas dan menjadi role model bagi anak.
Dalam sebuah hasil studi yang lain juga menyebutkan bahwa jika sikap ayah terhadap istrinya kurang baik, maka bisa mengakibatkan anak laki-laki menjadi pribadi yang agresif terhadap perempuan. Sebaliknya bagi anak perempuan anak menjadi anak yang melakukan hubungan yang kurang sehat dengan teman prianya.

Jika peran ayah tidak ada
Apabila seorang anak kehilangan peran ayah dalam kehidupan mereka, maka resiko pertama adalah anak akan memiliki tingkat ekonomi yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang mempunyai orang tua lengkap.

Bagi seorang anak perempuan, jika kehilangan kehadiran seorang ayah maka membuat seorang anak perempuan lebih condong untuk melakukan pernikahan pada usia muda. Hal ini disebabkan tidak adanya sosok yang melindungi, mengayomi keluarga mereka.

Artikel Terkait : Mengapa Anak Penting Untuk diajak Jalan-jalan

manfaat pola asuh ayah bagi anak, Mengenal Pentingnya Peran Ayah Dalam Tumbuh Kembang Anak, peranan ayah dalam membentuk kepribadian anak, peranan ayah dalam tumbuh kembang anak

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar