> Ternyata Suara Seorang Ibu Berdampak Besar Pada Kecerdasan Komunikasi Anak - BAYAR ZAKAT ONLINE

Desember 20, 2019

Ternyata Suara Seorang Ibu Berdampak Besar Pada Kecerdasan Komunikasi Anak


Hikmahdanhikmah.com – Tahukah kita bahwa suara seorang ibu mempunyai dampak besar pada kecerdasan komunikasi anak. Menurut sebuah hasil studi mengatakan bahwa seorang anak atau bayi ternyata memiliki respon yang kuat terhadap suara ibu dibandingkan dengan suara orang lain. Dengan rangsangan suara seorang ibu, maka bisa meningkatkan kemampuan anak atau bayi dalam berkomunikasi.

Bukan hanya itu saja, seorang bayi yang mampu mendengarkan suara ibunya akan mendapatkan rasa nyaman secara emosional. Tentu hal ini sangat bagus bagi kesehatan mental bayi. Hal ini terbukti dalam sebuah studi yang dilakukan di Stanford University School of Medicine yang berada di California AS.

Dari hasil studi tersebut didapatkan data bahwa seorang anak atau bayi yang meskipun mendengarkan suara ibunya walau kurang dari satu menit, ternyata mampu mengindentifikasi kalau itu suara ibunya. Berbeda dengan bayi yang diperdengarkan suara orang lain yang meskipun berlangsung lama, ternyata mereka tidak mengenalinya.

Yang membuat unik lagi dari seorang bayi, ternyata dalam sebuah studi sebelumnya menyatakan bahwa seorang bayi yang baru dilahirkan ternyata mampu mengidentifikasi suara ibunya dibandingkan dengan suara wanita lain yang dia dengar.

Dari hasil studi tersebut, yang membuat kita takjub adalah setelah dilakukan pemeriksaan pada otak anak atau bayi yang mendapatkan rangsangan suara dari ibunya, ternyata bagian otak yang erat kaitannya dengan emosi, penghargaan dan kemampuan mengenal wajah menjadi lebih aktif dibandingkan saat seorang bayi mendengar suara lain yang bukan ibunya.

Baca Juga : Bayi Yang Sering Mengisap Jari, Akan Mengalami Keterlambatan Bicara

Para peneliti juga menemukan bahwa, saat seorang bayi mendapatkan rangsangan berupa suara dari sang ibu, ada banyak sekali bagian otak bayi yang bekerja aktif yang menunjukkan betapa manfaatnya rangsangan suara seorang ibu.

Dari hasil studi tersebut, para para peneliti juga menemukan bahwa seorang anak yang sering mendapatkan rangsangan suara dari seorang ibu, maka mampu mengaktifkan area otak bayi yang berhubungan dengan kemampuan berkomunikasi secara sosial.

Mengingat penemuan ini, maka para ahli akan melanjutkan sebuah penelitian lanjutan yang mungkin bisa bermanfaat bagi seorang anak yang mengalami masalah secara sosial dan anak yang mengalami autis dengan memberikan terapi suara lebih sering kepada bayi mereka.


Artikel Terkait : Manfaat Terapi Musik Bagi Bayi
cara meningkatkan kecerdasan komunikasi anak, manfaat seorang ibu yang sering berkomunikasi dengan anak, pentingnya rangsangan suara pada bayi, Ternyata Suara Seorang Ibu Berdampak Besar Pada Kecerdasan Komunikasi Anak

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar