> Tips Mengatahui Gaya Belajar Seorang Anak - BAYAR ZAKAT ONLINE

Desember 03, 2019

Tips Mengatahui Gaya Belajar Seorang Anak

sumber gambar : baitulherbal.com

Hikmahdanhikmah.com – Sudah tahu belum ada berapa gaya belajar seorang anak secara umum ? Jawabnya adalah ada 3 yaitu model visual (penglihatan), auditori (pendengaran) dan kinestetik (gerakan). Untuk itu sangat penting bagi orang tua untuk memahami gaya belajar seorang anak agar cepat memahami pelajaran.

Lantas banyak orang tua yang masih merasa kesulitan untuk menentukan gaya belajar anaknya. Menurut seorang psikolog anak dan remaja yang bernama Putu Andita mengatakan bahwa untuk mengetahui gaya belajar seorang anak cara paling mudah adalah dengan melihat model belajar saat masuk TK.

Kalau sebelum usia sekolah anak masih terlihat kecil dan sulit diketahui gaya belajarnya. Namun kalau sudah masuk TK, maka anak akan lebih banyak mendapatkan pelajaran, interaksi dengan orang lain dan banyak eksplorasi.

Baca Juga : mengapa anak saya kesulitan memahami pelajaran penting mengenali gaya belajar anak.

Yang paling diuntungkan saat sekolah adalah mereka yang mempunyai gaya belajar visual atau penglihatan. Mereka yang mempunyai ciri belajar visual akan lebih mudah memahami pelajaran dengan melihat gambar, tulisan atau video yang diberikan Guru.

Namun gaya belajar visual ini lebih mudah terpengaruh. Misalnya saja saat ada pelajaran ternyata ada teman lewat di depan yang mengganggu penglihatan dia, maka dia merasa kesulitan untuk berkonsentrasi.

Namun bagi seorang anak yang memiliki gaya belajar auditori sangat peka terhadap suasana belajar. Kalau suasana kelasnya hening maka dia sangat mudah menerima pelajaran tersebut. Tetapi kalau berisik, maka anak akan merasa kesulitan untuk berkonsentrasi. Anak model auditori ini biasanya lebih suka mendengarkan orang lain saat belajar daripada membaca sendiri.

Bagi anak yang mempunyai gaya belajar kinestetik, maka sangat peka terhadap gerakan. Misalnya saja anak yang kinestetik akan sangat terganggu berkonsentrasi saat ada temannya yang menyentuh tubuhnya.

Bagi anak dengan model belajar kinestetik, saat belajar tidak suka hanya duduk diam sambil baca. Mereka lebih suka sambil bergerak kalau membaca atau suka menunjuk huruf pada buku pelajaran mereka.

Bagi para orang tua yang merasa anaknya kurang bisa memahami pelajaran si sekolah, maka bisa melakukan pengenalan bagaimana gaya belajar anak yang disukai. Apakah dengan visual, auditori ataukah dengan kinestetik yang banyak bergerak saat belajar.

Dengan mengetahui pola belajar anak yang paling tepat, maka anak bisa meningkatkan kemampuan anak untuk bisa memahami dan menghafal pelajaran jauh lebih cepat dan ujungnya meningkatkan prestasi akademiknya.

Artikel Terkait : manfaat olahraga bisa meningkatkan konsentrasi belajar anak.

bagaimana mengetahui gaya belajar anak, cara anak belajar, cara mengenali gaya belajar seorang anak, jenis gaya belajar pada anak, jenis-jenis cara belajar pada anak, model belajar pada anak, Tips Mengatahui Gaya Belajar Seorang Anak, tips mengetahui gaya belajar anak

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar