> Waktu Terbaik Seorang Anak Melakukan Tidur Malam - BAYAR ZAKAT ONLINE

Desember 12, 2019

Waktu Terbaik Seorang Anak Melakukan Tidur Malam

sumber gambar : cdn.klimg.com/merdeka.com

Hikmahdanhikmah.com – Kita tahu bahwa tidur bagi seorang anak sangatlah penting untuk menunjang perkembangan otak dan fisiknya. Dengan terpenuhinya kebutuhan tidur pada seorang anak, maka akan membuat anak bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal. Untuk mencapai ini semua, maka orang tua harus mengetahui waktu terbaik seorang anak untuk melakukan tidur.

Menurut para pakar kesehatan anak mengatakan bahwa setiap anak akan mempunyai kebutuhan tidur yang berbeda yang disesuaikan dengan usia masing-masing. Namun sayangnya banyak para orang tua yang belum tahu berapa lama kebutuhan jam tidur seorang anak berdasarkan usia.

Jika seorang orang tua mengetahui jam tidur seorang anak sesuai usia, maka akan membuat orang tua lebih tahu untuk mengatur jadwal tidur yang harus dilakukan anak setiap harinya. Hal ini sangatlah penting untuk menunjang perkembangan otak, fisik dan mental anak.
Bahkan banyak ahli yang mengatakan bahwa tidur merupakan sebuah kebutuhan mutlak bagi seorang manusia seperti halnya makan dan bernapas. Terlebih lagi bagi seorang anak yang masih dalam tahap perkembangan.

Berikut beberapa jam tidur anak sesuai dengan usia :

· Bagi seorang bayi yang berusia 4-12 bulan membutuhkan waktu tidur sebanyak 12-16 jam dalam setiap harinya.

· Untuk anak yang sudah berusia 1-2 tahun, maka jam tidur akan lebih berkurang menjadi 11-14 jam dalam sehari.

· Untuk anak seusia 3 sampai 5 tahun akan membutuhkan jam tidur sebanyak 10 sampai 13 jam dalam sehari.

· Sedangkan untuk anak yang sudah menginjak usia 6 sampai 12 tahun, maka waktu tidur yang dibutuhkan pada malam hari adalah selama 9 sampai 12 jam.

Baca Juga : Tips Membuat Anak Mau Tidur Setelah Pulang Sekolah

· Namun jika sudah menginjak usia 13 sampai 18 tahun, maka kebutuhan tidur pada malam haru akan berkurang menjadi 8 sampai 10 jam dalam sehari.

Jika para orang tua masih merasa kesulitan untuk menentukan kapan harus mulai seorang anak untuk tidur, berikut penjelasannya :

· Jika anak anda masih bayi, maka usahakan sudah mulai tidur pada jam 19.00

· Namun jika anak kita masih tergolong balita, maka sebaiuknya tidur sudah dimulai sejak pukul 19.30

· Untuk anak yang masih awal bersekolah, maka usahakan orang tua untuk mendorong anaknya tidur pada pukul 20.00

· Bagi seorang anak yang berusia 6 sampai 12 tahun, maka jam tidur yang baik adalah dimulai sejak pukul 20.30

·Namun jika sudah menginjak usia remaja atau 13 sampai 18 tahun, maka jam tidur sebaiknya dimulai sejak pukul 21.00 sampai 21.30.

Untuk bisa mendidik anak agar mau tidur sesuai dengan jam tidur yang disarankan oleh banyak ahli, maka orang tua sangat penting untuk membuat sebuah aturan dalam rumah yang mewajibkan seorang anak untuk tidur tepat waktu sesuai dengan jam yang telah disepakati bersama dengan anak.

Dengan membiasakan anak tidur secara tepat waktu, maka akan membuat kebutuhan tidur anak menjadi terpenuhi yang akan berdampak pada perkembangan fisik, otak dan mental yang berkembang dengan baik.

Sumber : Kompas.com


Artikel Terkait : Tips Agar Bayi Tidur Lebih Nyenyak Pada Malam Hari

berapa lama anak harus tidur pada malam hari, jadwal waktu tidur anak yang baik menurut kesehatan, jam berapa sebaiknya anak mulai untuk tidur malam, kebutuhan tidur malam pada anak, Waktu Terbaik Seorang Anak Melakukan Tidur Malam, waktu yang dibutuhkan anak dalam tidur malam hari

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar