> Apa Yang Akan Terjadi Pada Tubuh Manusia Jika Kurang Tidur ? - BAYAR ZAKAT ONLINE

Januari 02, 2020

Apa Yang Akan Terjadi Pada Tubuh Manusia Jika Kurang Tidur ?

sumber gambar : www.fimadani.com

Hikmahdanhikmah.com – Dalam ilmu kesehatan, tidur ditempatkan pada posisi yang sangat penting. Bahkan tidur bisa seperti makan sehat yang sangat diperlukan olah tubuh. Artinya jika tubuh kita kurang tidur, maka akan ada banyak gangguan yang terjadi dalam tubuh kita.

Fenomena yang terjadi pada orang sekarang ini adalah banyak yang kurang durasi tidur. Kondisi ini lebih banyak disebabkan karena tingginya aktivitas pekerjaan yang memicu stres. Bayangkan saja sekarang ini banyak orang yang berangkat pagi untuk bekerja dan pulang malam. Ini adalah waktu yang terlalu lama bagi tubuh untuk beraktivitas sehingga membuat tubuh menjadi kelelahan.

Berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan kalau jam tidur atau durasi tidur orang sekarang lebih sedikit sekitar 1 jam lebih. Hal ini berbeda dengan orang-orang yang hidup pada 100 tahun yang lalu.

Ini menjadi hal yang negatif bagi kesehatan orang jaman sekarang. Orang yang melakukan tidur kurang dari 7-8 jam pada malam hari tidak hanya menyebabkan badan terasa capek, ngantuk pada siang hari, sulit fokus. Namun lebih dari itu bisa memicu banyak penyakit berbahaya.

Berikut bahaya yang akan terjadi pada tubuh kita jika kurang tidur pada malam hari :

1. Tidak fokus dan gangguan memori
Dampak buruk pertama orang yang kurang tidur adalah akan mengalami penurunan fungsi kognitif dan memori otak. Mereka akan kesulitan untuk berkonsentrasi, kemampuan belajar menurun dan memori otak juga mengalami penurunan.

Saat manusia melakukan tidur, maka akan terjadi suatu proses konsolidasi memori dan kemampuan fungsi otak. Dampaknya adalah memori kita akan berjalan dengan baik dan mempunyai kemampuan pemahaman yang baik pula.

2. Suasana hati memburuk
Berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan kalau orang yang mengalami kurang tidur dalam jangka waktu yang lama, maka bisa menyebabkan gangguan kecemasan dan mudah depresi. Hal ini akan membuat kita mudah sekali untuk stres.

Berbeda saat kita melakukan tidur malam dengan durasi yang cukup, maka saat bangun kita akan merasakan badan yang segar, pikiran yang fresh dan optimisme yang tinggi. Kondisi inilah yang membuat suasana hati kita menjadi lebih bahagia.

3. Kulit menjadi suram dan mata berkantong
Berdasarkan sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh Rumah Sakit Universitas Cleveland menyebutkan bahwa seseorang yang mengalami kurang tidur akan menyebabkan kulit menjadi suram dan mata menjadi berkantong. Dengan kata lain kurang tidur membuat kita cepat keriput.

4. Nafsu makan Anda akan meroket
Seseorang yang kurang tidur pada malam hari akan menyebabkan nafsu makan yang meningkat. Ini bukan menjadi indikasi yang baik bagi kesehatan. Kita akan didorong untuk banyak makan sehingga memicu obesitas dan peningkatan lemak dan kolesterol dalam tubuh.

5. Metabolisme melambat
Pada orang-orang yang sering kali melakukan tidur malam kurang dari 7-8 jam, maka bisa menyebabkan metabolisme tubuh menjadi lambat. Perlambatan metabolisme ini bisa memicu obesitas dan banyak penumpukan lemak. Dalam jangka waktu yang panjang bisa menyebabkan resistensi insulin yang meningkatkan resiko diabetes.

6. Mengganggu kesehatan jantung
Bahaya ke enam saat kita kurang tidur adalah bisa menyebabkan gangguan pada jantung. Hal ini akan terbukti saat kita kurang tidur, maka denyut nadi akan terasa lebih cepat karena tubuh kurang oksigen akibat tidur yang kurang.
Pada kondisi ini akan menyebabkan resiko tekanan darah menjadi tinggi yang memperburuk kondisi kesehatan jantung. Jika hal ini dilakukan terus-menerus, maka akan menyebabkan serangan jantung mendadak yang bisa berujung pada kematian.

7. Kinerja atletik menurun
Saat kita melakukan kurang tidur pada satu malam saja, maka saat bangun pagi hari akan terasa malas untuk melakukan aktivitas terlebih lagi olahraga. Yang lebih buruk lagi adalah kurang tidur bisa menyebabkan kita menurun hasrat seksualitas.

8. Melemahkan sistem kekebalan tubuh
Yang paling berbahaya jika seseorang kurang tidur pada malam hari adalah menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi menurun. Jika ini terjadi maka jenis penyakit apapun akan sangat mudah untuk masuk dalam tubuh kita.

Artikel Terkait : Beberapa Penyakit Yang disebabkan Karena Sering Begadang

Apa Yang Akan Terjadi Pada Tubuh Manusia Jika Kurang Tidur, bahaya kurang tidur bagi kesehatan tubuh, dampak buruk kurang tidur bagi kesehatan, dampak negatif kurang tidur bagi kesehatan, efek samping jika kita kurang tidur, kurang tidur menyebabkan konsentrasi menurun, penyakit yang disebabkan karena kurang tidur

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar