Sering Mengalami Kurang Tidur Akan Menyebabkan Rasa Empati Luntur

sumber gambar : Spirit.web.id

Hikmahdanhikmah.com – Manusia yang mempunyai rasa empati akan disukai oleh orang lain. Dengan munculnya empati maka kita akan terasa peduli dengan penderitaan orang lain yang muncul rasa kasih sayang. Sayangnya sifat yang mulai ini bisa luntur secara alami jika kita sering kurang tidur.

Hal ini berdasarkan sebuah hasil studi yang dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang bernama Journal of Psychophysiology. Lunturnya rasa empati menjadi deretan dampak buruk seseorang yang suka kurang tidur yang biasanya disebabkan karena begadang.

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa orang yang kurang tidur yang disebabkan karena kurang waktu tidur atau kualitas tidur yang buruk bisa berakibat buruk lunturnya sifat empati terhadap orang lain. Padahal sifat ini sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat.
Baca Juga : Tidur Dengan Durasi Yang Cukup Bisa Mencegah Diabetes

Hal yang sangat mudah tampak bagi mereka yang suka kurang tidur adalah sering mengatakan perkataan yang menyakitkan kepada pasangan kita. Anda dinilai juga mudah untuk emosi dengan pasangan.

Hasil studi ini menyebutkan kalau kurang tidur bukan hanya menyebabkan gangguan fungsi kognitif otak saja, namun juga berdampak besar terhadap kesehatan mental atau psikologis manusia.

Kondisi ini akan berpengaruh meskipun kita hanya kurang tidur dalam satu malam saja. Bayangkan bagaimana jadinya jika kita mempunyai kebiasaan begadang yang membuat kita kurang waktu tidur setiap harinya.

Menurut para pakar mengatakan bahwa saat seseorang mengalami kurang waktu tidur, maka akan terjadi ketidakseimbangan komunikasi antara sistem otak yaitu sistem limbik yang berhubungan dengan emosi dan prefrontal korteks.

Hal ini akan terbukti saat seseorang merasa kelelahan atau capek, maka akan sangat mudah untuk emosi atau tidak mampu mengontrol emosinya. Hal ini akan diperberat jika kita juga mengalami kurang waktu tidur.

Memiliki sifat empati terhadap orang lain menjadi sangat penting sebagai bentuk makhluk sosial. Dengan memiliki sifat empati, maka kita bisa menjalin hubungan baik dengan orang lain. Oleh karena itu tidak disarankan untuk melakukan tidur dengan durasi yang kurang. Sebaiknya anda tidur selama 7-8 jam bagi orang dewasa pada malam hari.


Artikel Terkait : Beberapa Penyakit Yang disebabkan Karena Sering Begadang

bahaya kurang tidur bagi kesehatan mental, bahaya sering kurang tidur terhadap rasa kepedulian terhadap orang lain, cara mengatasi rasa empati yang menurun, efek samping kurang tidur bagi kesehatan psikologis, Sering Mengalami Kurang Tidur Akan Menyebabkan Rasa Empati Luntur, tips alami meningkatkan rasa empati seseorang
Previous
« Prev Post

Related Posts

Sering Mengalami Kurang Tidur Akan Menyebabkan Rasa Empati Luntur
4/ 5
Oleh

Diberdayakan oleh Blogger.

Lokasi Yayasan Kami