> Penggunaan KB Bisa Mengurangi Angka Kematian Ibu dan Bayi - BAYAR ZAKAT ONLINE

Februari 15, 2020

Penggunaan KB Bisa Mengurangi Angka Kematian Ibu dan Bayi

sumber gambar : http://riaumandiri.co/

Hikmahdanhikmah.com – Banyak orang yang beranggapan bahwa dengan melakukan KB (Keluarga Berencana) hanya bermanfaat menekan populasi penduduk saja. Ternyata bukan hanya itu saja, ada manfaat yang lebih besar yaitu bisa menekan angka kematian ibu dan bayi.
Hal yang sama diungkapkan oleh seorang Direktur Kesehatan Keluarga Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Indonesia yang menyatakan bahwa menggunakan KB bisa menekan angka kematian ibu sampai 25 persen, sedangkan untuk kematian bayi mencapai 18 persen.

Kita tahu bahwa penurunan angka kematian ibu dan bayi menjadi salah satu indikator kesehatan negara maju. Untuk menekan angka tersebut, maka program KB (Keluarga Berencana) menjadi pilihan yang sangat efektif untuk dilakukan.

Baca Juga : Jenis Kontrasepsi Yang Aman Bagi Ibu Menyusui
Sebenarnya manfaat lain memilih menggunakan KB juga memberikan kesempatan kepada orang tua untuk bisa mengasuh anak dengan lebih optimal dan memiliki banyak waktu. Itu juga menjadi sebuah indikator sebuah keluarga yang sehat.

Banyak orang yang melakukan hamil dengan rentan waktu yang singkat. Kondisi ini tentu bukan hal yang sehat. Ada banyak resiko melahirkan anak dengan jedah waktu yang terlalu dekat. Dengan menggunakan KB, maka jarak antara kelahiran anak pertama dan kedua bisa terprogram dengan baik.
Berdasarkan sebuah data, pengguna KB di Indonesia hanya mencapai 61 persen. Ini masih kurang untuk menekan angka kematian ibu dan bayi.

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa sejatinya melakukan atau menggunakan kontrasepsi jika dilakukan dengan prinsip yang benar, maka akan berdampak sangat efektif. Yang membuat kurang efektif adalah karena prinsip penggunaan yang tidak dilakukan dengan benar.
Meskipun demikian, dalam memilih jenis alat kontrasepsi yang cocok dengan masing-masing pasangan anda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau bidan terdekat. Dengan pemilihan kontrasepsi yang cocok baik yang hormonal maupun non-hormonal, maka akan memberikan manfaat yang efektif.


Artikel Terkait : Beberapa Isu Yang Salah Tentang Efek Samping Kontrasepsi
cara mencegah kematian ibu dan bayi, dampak positif menggunakan kontrasepsi, manfaat ikut program kb, manfaat lain ikut program kb, manfaat menggunakan kontrasepsi, Penggunaan KB Bisa Mengurangi Angka Kematian Ibu dan Bayi, pentingnya memakai kb, tips memilih jenis kontrasepsi yang aman

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar