Cara Mengenali Penyebab Tekanan Darah Tinggi




Hikmahdanhikmah.com – Hipertensi merupakan penyakit yang banyak diderita olah masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, berdasarkan hasil studi yang yang dilakukan pada tahun 2013 menyatakan bahwa ada sekitar 26 persen penduduk Indonesia yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kabar buruknya adalah ada sekitar 60 persen penderita hipertensi tidak sadar kalau dirinya menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Untuk mengantisipasi hal ini, maka sangat penting untuk mengenali penyebab tekanan darah tinggi.

Memang penderita tekanan darah tinggi kebanyakan tidak merasakan keluhan yang berarti. Ini yang membuat banyak orang tidak sadar akan tekanan darah tinggi. Jika kita membiarkan kondisi ini, maka bisa menyebabkan timbulnya beberapa penyakit pembuluh darah dan jantung.
Untuk mengantisipasi hal ini, maka sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin sehingga kita bisa mengontrol tekanan darah kita.

Berikut cara mengenali penyebab tekanan darah tinggi :

1. hipertensi primer
Jenis hipertensi yang pertama adalah primer, artinya lebih mudah untuk kita mengenali penyebab dan gejalanya. Ada juga yang mengatakan hipertensi primer sebagai hipertensi esensial. Ada banyak faktor yang menyebabkan hipertensi primer yaitu genetik, lingkungan dan faktor usia.

2. hipertensi sekunder
Untuk jenis hipertensi sekunder, merupakan kondisi peningkatan tekanan darah yang disebabkan oleh adanya penyakit lain yang menyertai. Misalnya bagi seorang ibu hamil akan rentan mengalami peningkatan tekanan darah tinggi. Hipertensi sekonder ini akan bisa hilang saat kita mengobati apa yang menjadi penyebabnya.

Penyebab lain hipertensi meliputi:
- Kecanduan alkohol. Orang yang mengalami kecanduan minum alkohol dalam waktu yang lama maka bisa meningkatkan resiko tekanan darah tinggi. Bukan hanya hipertensi saja, kebiasaan minum alkohol juga memicu obesitas sehingga menjadi pemicu tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan minuman beralkohol banyak mengandung kalori.

- Obat-obatan. Peningkatan tekanan darah yang diderita seseorang juga bisa disebabkan karena penggunaan bebrapa obat yang dikonsumsi. Adapun jenis obat yang bisa meningkatkan hipertensi adalah antidepresan, obat migrain, obat anti-peradangan, pil KB dan kafein.

- Sleep apnea. Ternyata sleep apnea atau terjadinya henti napas saat kita tidur bisa memicu peningkatan tekanan darah tinggi yang sekunder. Sleep apnea bisa disebabkan perilaku mendengkur saat tidur.

- Obesitas. Apabila kita memiliki berat badan yang berlebih, maka secara otomatis kinerja jantung kita akan meningkat guna memenuhi kebutuhan suplai oksigen ke seluruh tubuh. Orang yang mengalami kelebihan lemak maka akan membutuhkan suplai oksigen dan nutrisi yang lebih banyak.

- Pola makan buruk. Ada beberapa jenis makanan yang bisa memicu peningkatan tekanan darah tinggi, diantaranya banyak makan-makanan yang mengandung sodium tinggi, banyak makan makanan yang berlemak, sering konsumsi kafein.

- Gaya hidup kurang gerak. Jika anda mempunyai gaya hidup yang terbilang kurang banyak aktivitas, maka anda beresiko mengalami peningkatan tekanan darah atau hipertensi.

- Merokok. Hampir semua orang pastinya mengetahui kalau kebiasaan merokok bisa menyebabkan peningkatan tekanan  darah. Hal ini dikarenakan rokok mengandung banyak nikotin yang bisa membuat pembuluh darah kita menjadi menyempit sehingga membuat kerja jantung kita dalam memompa darah mengalami peningkatan beban yang menyebabkan timbulnya hipertensi.

- Kekurangan vitamin D. Ternayata kekurangan vitamin D juga bisa menyebabkan kita mengalami hipertensi. Untuk mengantisipasinya anda harus sering mendapatkan paparan sinar matahari pagi yang sangat bagus dan mengandung vitamin D.


Artikel Terkait : Kapan Waktu Terbaik Untuk Melakukan Cek Tekanan Darah ?
apa saja yang menyebabkan tekanan darah tinggi, Cara Mengenali Penyebab Tekanan Darah Tinggi, penyebab seseorang mengalami hipertensi
Previous
« Prev Post

Related Posts

Cara Mengenali Penyebab Tekanan Darah Tinggi
4/ 5
Oleh

Diberdayakan oleh Blogger.

Lokasi Yayasan Kami