> Mengapa Setelah Makan Nanas Lidah Kita Terasa Gatal ? - BAYAR ZAKAT ONLINE

April 08, 2020

Mengapa Setelah Makan Nanas Lidah Kita Terasa Gatal ?

sumber gambar : https://mcninfo.wordpress.com

Hikmahdanhikmah.com – Mengapa setelah makan nanas lidah kita terasa gatal ?. Nanas adalah salah satu jenis buah yang kaya manfaat bagi kesehatan. Namun sayang, karena kerap menyebabkan lidah terasa gatal membuat sebagian orang enggan untuk makan nanas. Mengapa rasa gatal ini bisa terjadi ?

Ternyata penyebab rasa gatal setelah mengkonsumsi nanas adalah akibat adanya zat bromelain. Saat zat ini masuk dalam tubuh manusia, maka akan melakukan pemecahan protein. Hal ini ternyata sudah berlangsung saat nanas berada dalam mulut kita. Kandungan protein kolagen yang terdapat pada jaringan lidah dan mulut ikut dalam pemecahan oleh bromealin. Hal inilah yang menyebabkan adanya rasa gatal pada daerah lidah dan mulut. Bahkan pada sebagian orang bisa sampai muncul pembengkakan.

Kabar gembiranya adalah meskipun hal ini bisa memicu rasa gatal, tetapi menurut para pakar kesehatan masih terbilang aman meskipun kita banyak konsumsi nanas. Kita boleh terus mengunyah dan menelan nanas meskipun muncul sensasi rasa gatal. Kondisi ini secara alami akan dinetralisir oleh air liur dan asam lambung sehingga tak memicu rasa gatal. Selain itu tubuh kita akan berusaha memproduksi lagi protein yang berkurang akibat proses pemecahan oleh zat bromelain yang juga berfungsi untuk menetralkan rasa gatal.

Meskipun demikian, bukan berarti enzim bromelain berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Menurut para pakar kesehatan bromelain ini berfungsi sebagai zat anti peradangan dan mampu mencegah dari kerusakan sel yang disebabkan karena faktor bakteri. Selain itu sering mengkonsumsi nanas juga akan membuat sistem kekebalan tubuh kita menjadi semakin kuat dan bisa mencegah terjadinya resiko kanker usus.

Bagaimana jika ternyata rasa gatal setelah makan nanas tak kunjung sembuh ?. Jika anda mengalami hal yang demikian maka sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter. Kemungkinan besar anda mengalami alergi terhadap buah nanas. Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait : Beberapa Hal Yang Bisa Mencegah Naiknya Asam Lambung
lidah terasa gatal pasca mengkonsumsi nanas, lidah terasa gatal setelah makan nanas, Mengapa Setelah Makan Nanas Lidah Kita Terasa Gatal, penyebab lidah terasa gatal setelah makan nanas, penyebab nanas bisa menyebabkan gatal

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar