> Efek Buruk Terlalu Sering Konsumsi Jengkol Bagi Kesehatan - BAYAR ZAKAT ONLINE

Mei 19, 2020

Efek Buruk Terlalu Sering Konsumsi Jengkol Bagi Kesehatan


sumber gambar : idntimes.com

Hikmahdanhikmah.com – Efek buruk terlalu sering konsumsi jengkol bagi kesehatan. Bagi anda pecinta olahan jengkol, sebaiknya anda membaca artikel ini sampai tuntas karena terlalu sering makan jengkol berdampak kurang baik bagi kesehatan.

Jengkol adalah jenis bahan makanan yang sering kali digunakan untuk lalapan seperti halnya pete. Biasanya masyarakat yang suka mengkonsumsi jengkol adalah masyarakat Sunda.
Ternyata efek buruk terlalu sering makan jengkol bisa menyebabkan penyakit batu ginjal, mengapa hal hal ini bisa terjadi ?

Makanan yang identik dengan bau yang tak sedap ini ternyata juga kerap menyebabkan bau mulut dan urin yang juga berbau tak sedap. Meskipun demikian tak sedikit orang yang sangat hobi makan jengkol karena rasanya yang enak.

Ternyata biji jengkol kaya akan kandungan asam amino yang banyak mengandung sulfur (S). Saat masuk dalam tubuh dan di urai menjadi berbagai komponen yang lebih kecil, maka asam amino tersebut akan menghasilkan flavor yang membuat bau tak sedap.

Salah satu jenis gas yang terbentuk dari asam amino jengkol adalah gas H2S yang terkenal memiliki bau yang sangat menyengat. Namun jenis zat yang masih disisakan saat kita mengkonsumsi jengkol adalah asam jengkolat atau jencolid acid yang dikeluarkan tubuh melalui ekskresi ginjal.

Nah saat kita terlalu sering mengkonsumsi jengkol yang menyebabkan sisa zat jencolid acid, maka akan menyebabkan banyak tumpukan zat tersebut di ginjal. Padahal sifat dari zat ini adalah sulit larut dalam air. Jadi jika jumlahnya berlebihan di ginjal akan memicu pembentukan kristal yang menyebabkan penyakit batu ginjal.

Artikel Terkait : Deretan Makanan Yang Bisa Menyebabkan Bau Mulut

apa yang terjadi jika terlalu banyak makan jengkol, bahaya jengkol bagi kesehatan, bahaya kelebihan makan jengkol, bahaya terlalu banyak makan jengkol, bahaya terlalu banyak mengkonsumsi jengkol, dampak negatif terlalu sering makan jengkol, Efek Buruk Terlalu Sering Konsumsi Jengkol Bagi Kesehatan, efek negatif terlalu banyak makan jengkol

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar