> Kebiasaan Apa Saja Yang Bisa Memicu Depresi ? - BAYAR ZAKAT ONLINE

Juni 13, 2020

Kebiasaan Apa Saja Yang Bisa Memicu Depresi ?

sumber gambar : kompas.com

Hikmahdanhikmah.com – Berbicara tentang depresi, pastinya kita pernah merasakannya. Kita pastinya pernah merasakan malas beraktivitas, perasaan yang sedih, pengen marah dan putus asa itulah tanda kalau kita mengalami depersi.
Rutinitas hidup yang kompleks membuat banyak orang pernah merasakan depresi. Kondisi ini tentu membuat kita merasa kurang nyaman. Ternyata menurut para pakar, secara tidak sengaja kita melakukan kebiasaan yang bisa memicu depresi.

Berikut beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan dan memicu depresi :

1. Konsumsi makanan olahan
Tahukah kita bahwa berdasarkan sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa sering mengkonsumsi makanan olahan akan membuat kita sering merasakan depresi. Terlabih bagi anda yang hobi mengkonsumsi makanan olahan setiap harinya.
Berbicara tentang makanan olahan ada banyak sekali disekitar kita, misalnya saja suka makan mie instan, sosis, ngemil keripik dan masih banyak sekali yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Jenis makanan ini ternyata terbukti mampu merubah zat kimia dalam otak manusia yang membuatnya rentan untuk mengalami depresi.

Baca Juga : Sering Depresi Menyebabkan Tubuh Kekurangan Vitamin B12

2. Mengisolasi Diri
Kebiasaan kedua yang memicu depresi adalah sering mengisolasi diri. Kebiasaan yang suka menyendiri dalam kamar yang berlangsung lama dan terus-menerus akan membuat kita mudah merasa kesepian. Dengan begitu akan memicu munculnya pikiran negatif yang membuat kita depresi. Untuk mencegahnya anda harus lebih banyak melakukan sosialiasi dengan orang lain.

3. Gunakan media sosial berlebihan
Ternyata kebiasaan yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang milenial ini memicu depresi. Bermain sosial media dalam waktu yang lama dan dilakukan setiap hari akan memicu depresi. Hal ini juga sudah dibuktikan dalam sebuah studi. Terlebih bagi mereka yang sangat aktif di media sosial dan melakukan hal negatif.

4. Dikelilingi orang-orang yang berpikir negatif
Ternyata benar bahwa pilhlah teman yang baik agar kita juga ikut baik. Berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan bahwa seseorang yang suka bersama orang-orang yang mempunyai pikiran negatif, maka mudah sekali menular sehingga kita lebih mudah berpikiran negatif pula.
Suka perpikiran negatif akan merusak kesehatan mental kita yang membuat mudah depresi. Anda harus berusaha untuk selalu berpikiran positif dan optimis sehingga membuat mental kita semakin sehat.

5. Merokok
Kebiasaan kelima yang bisa memicu depresi adalah merokok. Berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan bahwa orang yang setiap harinya merokok, maka akan membuat keseimbangan zat kimia dalam otak menjadi terganggu yang berakibat memicu depresi. Selain itu merokok juga kerap dikaitkan dengan beberapa penyakit berbahaya seperti kanker, gangguan paru, diabetes dan impotensi.

6. Kurang olahraga
Kebiasaan terakhir yang membuat kita mudah sekali depresi adalah kurang berolahraga. Ternyata olahraga sangat bagus bagi kesehatan mental kita. Diketahu bahwa saat tubuh kita melakukan olahraga, maka akan memicu pelepasan hormon serotonin yang berdampak pada perasaan yang lebih bahagia sehingga menurunkan resiko depresi.


Artikel Terkait : Jenis Olahraga Yang Sangat Cocok Meredakan Depresi
cara mencegah depresi, cara menghindari depresi, hal-hal yang memicu depresi, Kebiasaan Apa Saja Yang Bisa Memicu Depresi, kebiasaan yang memicu stres, kegiatan yang bisa mencegah depresi, kegiatan yang menyebabkan mudah stres, tips mencegah depresi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar