> Cukup Dengan Banyak Bersyukur Jantung Menjadi Lebih Sehat - BAYAR ZAKAT ONLINE

Juli 09, 2020

Cukup Dengan Banyak Bersyukur Jantung Menjadi Lebih Sehat



Hikmahdanhikmah.com - Pada artikel kali ini akan membagikan tips cara mudah menyehatkan jantung hanya dengan bersyukur. Berdasarkan sebuah penelitian baru-baru ini telah diungkap bahwa rasa bersyukur akan bisa membuat hati menjadi lebih sehat.
Apabila kita mencoba untuk bersyukur memang benar hati kita menjadi tenang, nyaman sehingga hal ini bisa membuat hati kita menjadi sehat. 

Menurut salah seorang Profesor Kedokteran dari University of California San Diego School of Medicine yang bernama Paul Mills mengatakan bahwa sikap bersyukur dan mental yang positif akan bisa mengurangi tingkat depresi atau kecemasan seseorang sehingga bisa menurunkan angka resiko terkena penyakit jantung.

Penelitian ini sudah dilakukan sang profesor selama bertahun-tahun.
Penelitian ini telah melibatkan 186 pria dan wanita yang berusia 66 tahun. Penelitian ini sengaja mengambil sampel orang-orang yang berusia lanjut karena dianggap lebih banyak mengalami masalah hidup dan pahit manis kehidupan.

Para sampel diminta untuk mengisi kuesioner yang telah dibagikan untuk mengukur rasa syukur seseorang terhadap kehidupan yang telah mereka jalani. 

Hasilnya adalah setelah dilakukan analisa terhadap darah, inflamasi, penumpukan plak pada darah, ternyata mereka yang selama hidupnya lebih banyak bersyukur memiliki tingkat lebih rendah terhadap plak pada darah, inflamasi, tekanan darah dibandingkan dengan mereka yang tidak / kurang bersyukur terhadap kehidupannya. 

Menurut Mills tingkat inflamasi yang rendah menjadi tolak ukur kesehatan jantung seseorang.

Tidak berhenti sampai situ saja, Mills melakukan penelitian lanjutan kepada 40 orang penderita penyakit jantung. Setelah itu mereka diminta untuk setiap hari menulis tentang apa yang dia syukuri setiap harinya dan ini berlangsung selama 1 minggu.

Banyak dari para penderita yang menulis mereka senang mempunyai anak, cucu, pasangan hidup maupun harta benda yang mereka miliki. Setelah itu Mills melakukan pengkajian ulang terhadap 40 pasien penderita jantung tadi.

 Hasilnya adalah mereka yang rajin menulis tentang hal-hal yang mereka miliki dan merasa senang atau bersykur membuat tingkat peradangan pada jantung dan irama jantung menjadi lebih baik.
Dengan kita membaca artikel ini alangkah baiknya kita selalu berusaha untuk membiasakan diri kita banyak bersyukur. Dengan kita banyak bersyukur maka akan membuat suasana hati kita menjadi lebih tenang, nyaman dan membuat jantung kita semakin sehat. 

Janganlah kita berfikir tentang apa yang tidak kita punyai, tetapi berfikirlah tentang apa yang sudah anda punyai sekarang. Dengan demikian kita akan bisa bersyukur.
Sumber : Kompas.com

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar