> Bahaya Terlalu Banyak Minum Susu Bisa Sebabkan Kematian Dini - BAYAR ZAKAT ONLINE

Agustus 11, 2020

Bahaya Terlalu Banyak Minum Susu Bisa Sebabkan Kematian Dini




Hikmahdanhikmah.com - Bagi kebanyakan orang konsumsi susu akan bagus dalam mencegah kita dari osteoporosis. Selama ini anggapan orang tentang produk susu dan turunannya kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun bagaimana jika kita konsumsi dalam jumlah yang tinggi ?
Berdasarkan sebuah penelitian yang di publikasikan oleh British Medical Journal, konsumsi susu dalam jumlah yang tinggi justru berkaitan dengan resiko kematian dan patah tulang pada seorang wanita dan pria.

Penelitian tersebut menyebutkan susu akan mempunyai dampak negatif jika dikonsumsi lebih dari tiga gelas per hari.
Secara teori susu mengandung 18 dari 22 nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Selain itu kandungan kalsium dan vit D dalam susu juga sangat penting bagi kesehatan tulang manusia.
Ternyata konsumsi susu dengan jumlah yang tinggi akan memicu tubuh kita mengalami stres oksidatif dan hal ini bisa memicu terjadinya patah tulang dan angka kematian.

Pernyataan ini berdasarkan analisa yang mengatakan susu yang banyak mengandung sumber vit D galaktosa. Berawal dari galaktosa ini akan membentuk keseluruhan laktosa dalam susu.
Berdasarkan eksperimen yang dilakukan pada hewan, maka akan menyebabkan penuaan dini pada hewan sehingga bisa memperpendek usia hewan. Hal ini dikarenakan oleh stres oksidatif, inflamasi kronis, degeneratif saraf dan penurunan antibodi tubuh.

Kaitan susu dengan tingkat kematian
Dalam rangka melakukan pembuktian terhadap hipotesa, para peneliti melakukan penelitian yang mengaitkan antara minum susu dengan tingkat kematian dan resiko patah tulang. Para peneliti melibatkan dua kelompok. Kelompok pertama terdiri dari 61.433 wanita dengan rentan usia 39-74 tahun. Untuk kelompok yang kedua beranggotakan 45.339 pria dengan rentan usia 45-79 tahun.
Para responden peserta penelitian diminta untuk melakukan pengisian formulir yang berisikan informasi tentang pola makan, jenis makanan yang dikonsumsi, meliputi susu dan turunan makanan dari susu, berat badan, tinggi badan, tingkat pendidikan, dan status perkawinan.

Pera peneliti telah mengamati mereka selama 20 tahun lamanya. Dan mendapatkan hasil sebagai berikut :

15.541 meninggal, ada 17.252 yang mengalami patah tulang, dan sekitar 4.259 mengalami patah tulang pada pinggul. Dari sini menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi susu ternyata tidak menurunkan angka cidera atau patah tulang.
Selain itu bagi wanita yang mengkonsumsi susu lebih dari tiga gelas sehari, maka mendapatkan resiko kematian yang lebih tinggi daripada para wanita yang hanya mengkonsumsi susu satu gelas sehari.

Artikel Terkait : Manfaat Buah Kelapa Bagi Kesehatan


apa dampak minum susu terlalu banyak, Bahaya Terlalu Banyak Minum Susu Bisa Sebabkan Kematian Dini, dampak minum susu terlalu banyak

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar