> Bagaimana Cara Mencuci Buah dan Sayur Dengan Benar ? - BAYAR ZAKAT ONLINE

September 13, 2020

Bagaimana Cara Mencuci Buah dan Sayur Dengan Benar ?



Hikmahdanhikmah.com -Yuk belajar bagaimana cara mencuci buah dan sayur dengan benar. Banyak orang di jaman modern ini menggunakan kulkas sebagai tempat menyimpan makanan, sayuran dan buah-buahan agar kesegarannya tetap bisa terjaga. Namun dibalik fungsinya yang sangat membantu para ibu-ibu, kulkas juga bisa menjadi sarang penularan penyakit apabila kita tidak benar dalam memanfaatkannya.

Banyak bakteri dan kuman yang bisa bertahan hampir satu minggu di dalam kulkas. Bakteri dan kuman ini bisa disebabkan oleh bekas makanan atau tumpahan cairan pada kulkas kita. Terkadang meskipun kita sudah berusaha untuk mencuci makanan tersebut sebelum kita simpan dalam kulkas. Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa mencuci buah atau sayuran sebelum kita menyimpan dalam kulkas ternyata belum cukup untuk bisa membebaskan makanan kita bebas dari kuman atau bakteri yang menempel. Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan dalam mencuci buah atau sayur sebelum kita simpan dalam kulkas :

Dimulai Dari Cara menyimpan
Cara pertama yang kita lakukan adalah dengan memperhatikan cara menyimpannya. Lebih disarankan untuk membiarkan buah atau sayur tetap dalam kantong plastik dari pada kita mengeluarkannya terlebih dahulu dari plastiknya. Untuk mencegah timbulnya jamur, maka disiasati dengan melonggarkan plastik pembungkusnya agar tidak terlalu lembab yang bisa memicu munculnya bakteri dan kuman.

Cara Membilasnya Harus Benar
Cara mencuci buah dan sayur adalah dengan menggunakan air yang mengalir. Berapa lama ? sekitar 30-60 detik saja sudah cukup. Dengan menggunakan air yang mengalir maka air bekas bilasan tadi yang dikhawatirkan mengandung bakteri dapat terbuang dengan air yang mengalir.

Cara Menggosoknya Harus Benar
Untuk menggosok, ada tipsnya tersendiri. Kita bisa menggunakan tangan kita untuk menggosok buah atau sayur agar kuman dan bakteri yang menempel dapat hilang. Jika buah atau sayur tersebut tergolong agak keras, maka kita bisa menggunakan sikat lembut yang khusus untuk menyikat buah san sayur. Dengan melakukan penggosokan seperti ini kuman atau bakteri yang menempel pada buah dan sayur diupayakan bisa hilang.

Cara Merendam Harus Benar
Ada beberapa macam buah dan sayur yang sangat disarankan untuk melakukan perendaman terlebih dahulu sebelum kita membilasnya dengan air yang mengalir. Diantaranya adalah sayuran hijau seperti bayam, selada dan daun singkong.

Demikian informasi singkat tentang bagaimana cara mencuci buah dan sayur dengan benar sebelum kita melakukan penyimpanan didalam kulkas. Semoga dengan kita menerapkan apa yang sudah diutarakan tadi, sayur dan buah-buahan yang kita simpan di dalam kulkas bisa terhindar dari kuman dan bakteri yang bisa membahayakan tubuh kita.


Artikel Terkait : Solusi Hidup Sehat Alami
Bagaimana Cara Mencuci Buah dan Sayur Dengan Benar, cara mencuci buah dan sayur yang benar, cara mencuci sayur agar bebas pestisida

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar