> Bahaya Aborsi Bisa Memicu Kematian Ibu - BAYAR ZAKAT ONLINE

September 03, 2020

Bahaya Aborsi Bisa Memicu Kematian Ibu


Hikmahdanhikmah.com - Salah satu yang menjadi pencetus angka kematian pada ibu adalah pengguguran kandungan atau oborsi yang tidak aman. Berdasarkan sebuah data dari WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) aborsi yang dilakukan secara tidak aman bisa membuat angka kematian pada bayi sebesar 14 persen. Bahkan ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang dokter spesialis obstetri dan ginekologi mengatakan aborsi yang tak aman akan menyumbang kematian ibu sebesar 11-50 persen.

Menyikapi maraknya angka aborsi yang tak aman akibat kehamilan yang tak diinginkan, PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia) mendorong perluasan aborsi secara aman. PKBI berharap pelayanan aborsi yang aman bisa menyebar diseluruh Indonesia dan bukan hanya pada kota besar saja.

Berdasarkan data dari PKBI, sebelum seorang wanita melakukan pengguguran kandungan mereka akan melakukan berbagai cara agar untuk bisa menggugurkan kandungannya sebelum datang pada klinik PKBI . Ada yang minum jamu atau obat-obatan yang bukan dari dokter.
Padahal undang-undang kita sudah jelas mengatur tentang kegiatan aborsi. Yaitu undang-undang nomor 36 tahun 2009 yang menyatakan pelarangan terhadap tindakan aborsi kecuali memiliki dua syarat, yaitu secara medis mengancam kesehatan ibu atau janin dan kehamilan akibat perbuatan pemerkosaan.

Disamping itu jika kita menilai dari sudut agama, maka aborsi merupakan tindakan yang dilarang oleh agama. Apalagi jika dilakukan dengan tak aman. Sebagai seorang yang beragama maka seyogyanya kita tidak melakukan aborsi terkecuali ada indikasi dua syarat yaitu adanya indikasi medis yang mengancam pada kesehatan ibu atau janin dan kehamilan akibat pemerkosaan.


Artikel Terkait : Resiko Kehamilan di Usia 35 Tahun ke Atas
bahaya aborsi bagi kesehatan, Bahaya Aborsi Bisa Memicu Kematian Ibu, resiko kematian akibat aborsi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar