> Benarkah Makan Makanan Secara Berlebihan Bisa Membuat Lambung Pecah ? - BAYAR ZAKAT ONLINE

September 21, 2020

Benarkah Makan Makanan Secara Berlebihan Bisa Membuat Lambung Pecah ?



Hikmahdanhikmah.com - Banyak orang yang mempunyai hobi makan. Biasanya mereka akan makan makanan yang menurut mereka enak dalam jumlah yang besar. Biasanya mereka yang mempunyai hobi makan mempunyai badan yang besar atau obesitas. Pada artikel kali ini kita akan membahas apakah benar konsumsi makanan dalam jumlah yang besar bisa membuat lambung kita pecah ?

Rasa lapar merupakan sinyal yang diberikan oleh tubuh kita saat perut kita dalam keadaan kosong. Dalam keadaan ini otak mengirimkan perintah kepada tubuh untuk segera makan. Namun ada banyak orang yang kalau merasa lapar akan makan dalam jumlah yang besar atau jumbo. Padahal pola makan yang seperti ini tidak bagus bagi kesehatan kita. Berbagai penyakit akan mudah datang kalau kita sering makan dalam jumlah besar.

Sebenarnya rasa lapar merupakan sebuah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Koq bisa ? iya dengan adanya rasa lapar kita akan bisa menikmati makanan secara lahap dan mengenakkan. Coba bayangkan jika kita tidak merasa lapar, maka saat makan akan terasa biasa saja tidak ada seninya. Seperti halnya kalau kita melakukan puasa di bulan Ramadhan, maka akan terasa nikmat sekalai saat kita melakukan buka. Itulah salah satu nikmat yang diberikan oleh Tuhan kepada manusia.
Kembali kepada bahasan utama ya, apakah bisa lambung atau perut kita pecah jika makan dalam jumlah yang besar ? jawabnya adalah tentu bisa jika kita konsumsi terlalu berlebihan. Secara normal lambung kita bisa menampung makanan dan minuman sekitar 1 sampai 1,5 liter maknaan. Saat makanan yang kita makan mencapai 1-1,5 liter maka secara otomatis tubuh akan mengirimkan sinyal pertanda kenyang dan kita disuruh untuk berhenti makan.

Tetapi dalam kenyataan, banyak orang yang melalaikan sinyal otomatis tubuh ini. Banyak orang yang makan melebihi daya tampung normal lambung manusia. Akibatnya perut kita akan terasa penuh akibat terlalu banyak makanan yang kita makan. Apabila ini diteruskan makan sampai 4-5 liter makanan dan minuman mungkin saja perut atau lambung kita akan bisa pecah atau mengalami masalah.

Tentu pola makan seperti ini sangat sangat tidak dianjurkan oleh para ahli kesehatan. Seharusnya orang itu makan secara teratur saat merasa lapar, dan berhenti makan saat kita merasa kenyang. Jika kita bisa menerapkan pola makan yang demikian, maka tubuh kita akan sehat dan tidak terserang penyakit seperti diabetes.

Lakukan makan secara normal, jangan makan secara berlebihan. Karena salah satu faktor penyakit tubuh manusia adalah disebabkan oleh makanan yang ia makan. Semoga dengan membaca artikel ini kita menjadi lebih bijak lagi dalam melakukan pola makan yang dianjurkan oleh para pakar kesehatan. Semoga bermanfaat


Artikel Terkait : Cara Mengendalikan Nafsu Makan Yang Berlebihan
akibat makan berlebihan menurut ilmu kesehatan, Benarkah Makan Makanan Secara Berlebihan Bisa Membuat Lambung Pecah, makan berlebihan menyebabkan

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar