> Dampak Pemanasan Global Terhadap Kesehatan - BAYAR ZAKAT ONLINE

Oktober 24, 2020

Dampak Pemanasan Global Terhadap Kesehatan



Hikmahdanhikmah.com – Salah satu dampak dari pemanasan global adalah adanya perubahan iklim yang ekstrim. Dengan perubahan iklim yang ekstrim maka bisa berdampak negatif terhadap kesehatan kita. Bahkan berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan akibat pemanasan global maka manusia akan mengalami kekurangan air bersih, sumber makanan yang sehat dan lingkungan tempat tinggal yang sehat.

Bahkan prediksi pada tahun 2030 – 2050 akan banyak angka kematian akibat pemanasan global. Diprediksi angka kematian pertahun mencapai 220 ribu jiwa yang kebanyakan disebabkan oleh penyakit, malnutrisi dan suhu udara yang panas.

Pemanasan global
Kegiatan manusia akan pembakaran fosil berupa batu bara dan minyak bumi banyak berpengaruh terhadap pemanasan global. Dengan kegiatan pemanasan ini akan berakibat banyaknya pelepasan karbondioksida dan emisi lain yang merusak lapisan atmosfir bumi sehingga akan berdampak pada pemanasan global.

Bahkan selama 130 tahun terakhir terhitung sejak tahun 1850, bumi telah mengalami kenaikan suhu sekitar 0,85 derajat celcius. Dengan meningkatnya suhu bumi berakibat perubahan cuaca yang ekstrem, es kutub menjadi mencair dan naiknya permukaan air laut.

Dampak pemanasan global terhadap kesehatan
Saat terjadi pemanasan global yang membuat perubahan iklim yang ekstrim, maka dampaknya akan menurunkan kualitas kesehatan manusia. Manusia akan banyak kekurangan air bersih dan udara yang sehat. Dengan demikian akan banyak angka penderita penyakit mulai dari diare, paru-paru sampai kanker.

Untuk mengatasi lingkungan yang ektrim seperti sekarang ini kita harus ekstra protektif terhadap kesehatan kita. Misalnya sering menggunakan masker saat bepergian, tidak konsumsi makanan sembarangan, serta rajin melakukan olahraga. Selain itu kita juga harus menciptakan lingkungan yang bersih dan asri dengan banyak menanam pohon untuk memperbaiki suhu lingkungan rumah kita.

Suhu ekstrim
Saat terjadi suhu yang ekstrim akibat pemanasan global, maka akan meningkatkan angka kematian manusia yang menderita penyakit jantung terutama bagi para orang tua. Hal itu terjadi pada tahun 2003 saat gelombang panas melanda Eropa, setidaknya ada sekitar 70.000 orang meninggal.
Suhu udara yang tinggi akan berpengaruh besar pada kesehatan mulai dari penyakit jantung dan pernapasan. Tentu ini semua diakibatkan oleh kerusakan atmosfer bumi akibat emisi karbon.


Artikel Terkait : Berapa Lama Seseorang Bisa Bertahan Tanpa Air
dampak negatif pemanasan global bagi kesehatan, Dampak Pemanasan Global Terhadap Kesehatan, pengaruh pemanasan global terhadap kesehatan

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar