> Resiko Konsumsi Makanan Yang Banyak Mengandung Garam - BAYAR ZAKAT ONLINE

Oktober 13, 2020

Resiko Konsumsi Makanan Yang Banyak Mengandung Garam




Hikmahdanhikmah.com - Garam merupakan salah satu komponen dalam makanan yang bisa membuat rasa dari sebuah makanan menjadi nikmat. Di samping itu garam juga memilki banyak manfaat dalam tubuh kita jika dikonsumsi dalam jumlah normal.
Sodium merupakan salah satu zat yang terkandung dalam garam. Fungsi sodium bagi tubuh manusia adalah untuk memperlancar tekanan darah atau aliran darah yang mengalir ke seluruh tubuh. Selain itu sodium juga membantu pengiriman pesan saraf terhadap anggota tubuh.
Selain sodium, garam juga mengandung klorida yang sangat bermanfaat dalam pencernaan kita. Untuk itu kita harus mengkonsumsi garam dalam jumlah yang normal dalam sehari.

Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana jika kita mengkonsumsi garam yang kaya akan sodium dan klorida ini bagi kesehatan tubuh. Segala sesuatu jika dikonsumsi secara berlebihan akan merusak tubuh kita. Berikut beberapa masalah yang akan terjadi jika kita konsumsi garam dalam jumlah yang banyak :

Saat dalam tubuh kita terdapat banyak kandungan sodium, maka tubuh kita akan mengkonpensasi dengan menahan banyak cairan dalam tubuh. Hal ini terjadi karena ginjal melakukan penstabilan jumlah elektrolit terhadap kandungan air yang banyak pada tubuh kita.

Apabila terdapat banyak kandungan sodium, maka ginjal akan bekerja lebih keras untuk menyimpan banyak cairan dalam tubuh kita. Oleh karena itu tubuh kita akan tampak odema atau terjadi pembengkakan pada banyak bagian tubuh dan biasanya terjadi pada tangan, kaki dan wajah.
Saat tubuh mengalami tumpukan cairan, maka yang terjadi adalah akan ada banyak darah yang mengalir lewat pembuluh darah vena dan arteri. Hal ini akan bisa memicu terjadinya tekanan darah tinggi atau hipertensi. Pernahkah kita saat minum air garam maka kita akan terasa haus, sehingga mendorong kita untuk banyak minum. Itu adalah respon alami tubuh kita untuk menstabilkan rasio air dan natrium dalam tubuh kita.

Bagi mereka yang terdapat kelebihan kadar sodium, maka akan lebih sering untuk melakukan buang air kecil karena banyaknya air dalam tubuh kita. Hal ini akan ada banyak kalsium yang terbuang saat kita kencing, sehingga bisa membuat tulang kita menjadi lemah dan keropos.

Intinya adalah apabila kita mengkonsumsi garam dalam jumlah yang banyak maka akan berdampak buruk pada kesehatan kita dalam jangka panjang. Hal ini akan bisa memicu penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Saat tekanan darah kita sering tinggi maka akan bisa memunculkan penyakit lain yaitu jantung dan stroke. Kedua penyakit ini sangat mengancam kesehatan kita.


Artikel Terkait : Mengapa Hipertensi Perlu di Turunkan
dampak konsumsi makanan yang banyak mengandung garam, resiko konsumsi makanan mengandung garam, Resiko Konsumsi Makanan Yang Banyak Mengandung Garam

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar