Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Banyak Makanan Yang Mengandung Sianida



Hikmahdanhikmah.com – Setelah terjadi kematian wanita yang keracunan kopi yang mengandung sianida, banyak masyarakat kita yang ketakutan akan zat berbahaya yang bernama sianida ini. Memang benar banyak makanan yang mengandung sianida yang kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Apakah dengan demikian kita harus mengurangi konsumsi ataukah harus berhenti makan-makanan tersebut ?

Banyak makanan yang mengandung sianida dalam jumlah yang relatif rendah diantaranya almond dan kacang lima. Bahkan vitamin B12 ada yang mengandung sianida dalam jumlah yang sedikit.
Sianida merupakan zat yang beracun yang apabila masuk dalam tubuh kita dalam jumlah yang besar akan bisa menimbulkan kematian. Adapun dosis sianida yang berbahaya bagi tubuh manusia adalah 50 sampai 200 mg hidrogen sianida.

Ada beberapa makanan yang secara alamiah sudah mengandung sianida dalam jumlah yang rendah misalnya singkong, kacang lima, bayam, kacang merah, rebung, kedelai, kecambah millet dan almond.

Selain itu untuk kategori buah, ada beberapa biji buah-buahan yang mengandung sianida seperti aprikot, buah persik dan apel. Kabar gembiranya meskipun biji buah tersebut mengandung sianida, namun bagian daging buahnya hanya mengandung sianida yang jumlahnya relatif rendah dari pada yang terkandung dalam biji buahnya.

Secara normal tubuh kita mampu mengatasi racun sianida yang masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang relatif rendah. Meskipun demikian, kita tetap disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung sianida. Misalnya saat kita makan apel, maka makanlah hanya bagian daging buahnya saja jangan sama bagina tengah dan bijinya.
Selain itu anda juga bisa melakukan mengolah makanan yang mengandung sianida terlebih dahulu sebelum kita mengkonsumsi. Misalnya pada kacang lima. Kacang lima mengandung senyawa linamarin yang ketika masuk ke dalam tubuh kita akan diubah menjadi hidrogen sianida. Untuk mengatasi hal yang demikian, maka kita bisa memasaknya dulu selama 10 menit agar aman saat kita konsumsi.

Hal yang sama terjadi pada kacang merah mentah. Anda bisa memasaknya terlebih dahulu kurang lebih selama 10 menit sebelum kita konsumsi. Hal ini karena pada kacang merah mengandung racun phytohaemagglutinin.

Untuk yang vitamin B12, para ahli gizi yang berasal dari Amerika mengatakan meskipun mengandung sianida dalam jumlah yang rendah, vitamin B12 aman untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan sianida yang terkandung dalam vitamin B12 sangatlah sedikit sekali yaitu hanya 20 mikrogram pada setiap 1.000 mikrogram vitamin B12. Ini masih sangat jauh untuk dikatakan sebagai racun.
Racun sianida ini mempunyai efek yang sangat cepat mematikan apabila dihirup oleh manusia. Apalagi jika berada pada ruangan yang tertutup. Bisanya racun sianida banyak digunakan dalam kasus pembunuhan dan terorisme.


Artikel Terkait : Apa Yang Terjadi Jika Tubuh Keracunan Sianida

bahaya makanan yang mengandung sianida, Banyak Makanan Yang Mengandung Sianida, makanan apa saja yang mengandung sianida

Posting Komentar untuk "Banyak Makanan Yang Mengandung Sianida"

banner 800x90