> Bisakah Wanita Yang Berusia 50 Tahun Bisa Hamil ? - BAYAR ZAKAT ONLINE

November 08, 2020

Bisakah Wanita Yang Berusia 50 Tahun Bisa Hamil ?




Hikmahdanhikmah.com – Mungkin saat ini kita masih bertanya-tanya bisakah wanita yang berusia 50 tahun hamil ?. Pertanyaan ini juga tidak lepas kabar bahwa salah seorang penyanyi yang bernama Janet Jackson yang dikabarkan telah hamil pada usia yang mencapai 50 tahun.
Secara medis, peluang hamil pada wanita yang berusia lebih dari 40 tahun memang kecil. Namun bukan berarti hal ini tidak bisa terjadi. Hal ini dibuktikan bahwa pada tahun 2012, di AS ada sekitar 600 kelahiran yang dilahirkan oleh wanita yang berusia lebih dari 50 tahun.
Namun menurut seorang ahli obstetri dan ginekologi yang berasal dari Universitas of Nort California mengatakan bahwa wanita yang mengalami hamil pada usia lebih dari 40 tahun akan sangat beresiko mengalami keguguran.

Baca Juga : Sering Konsumsi Kafein Saat Hamil Meningkatkan Resiko Keguguran
Meskipun demikian, kehamilan secara alami yang terjadi pada usia lebih dari 50 tahun jarang terjadi. Biasanya kondisi ini akan berhasil melalui sebuah program kehamilan seperti donor sel telur atau ikut program kesuburan wanita. Meskipun demikian, para ahli tetap menyarankan kepada wanita yang berusia lebih dari 40 tahun tetap menggunakan kontrasepsi jika tidak menghendaki kehamilan.
Bukan hanya resiko keguguran saja, wanita yang hamil pada usia lebih dari 40 atau 50 tahun juga sangat rentan terhadap berbagai komplikasi selama hamil dan melahirkan.

Selain itu wanita yang hamil pada usia tua juga rentan mengalami kualitas sel telur yang kurang baik. Hal ini disebabkan karena faktor usia. Dengan rendahnya kualitas sel telur, maka meningkatkan resiko kelainan kromosom yang menyebabkan bayi lahir dengan kondisi cacat.
Bukan hanya itu saja, resiko hamil pada usia lebih dari 40 tahun akan rentan mengalami tekanan darah tinggi, diabetes dan preeklamsia yang bisa berbahaya bagi wanita hamil dan beresiko menyebabkan keguguran.

Saat seseorang wanita hamil pada usia mencapai 35 tahun, maka resiko keguguran akan mencapai 20 persen. Bahkan prosentase tersebut akan terus meningkat jika wanita tersebut berusia 45 tahun yang prosentase keguguran mencapai 80 persen.

Kondisi ini bisa lebih buruk jika kehamilan terjadi pada wanita yang berusia lanjut dan mempunyai riwayat diabetes atau obesitas. Dengan kondisi tersebut sangat sulit seorang wanita bisa melahirkan dengan normal.

Artikel Terkait : Usia Emas Seorang Wanita Melahirkan
Bisakah Wanita Yang Berusia 50 Tahun Bisa Hamil, penyebab wanita bisa hamil pada usia tua, resiko hamil pada usia 50 tahun

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar