Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Alasan Nyamuk Bisa Menyebabkan Penyakit



Hikmahdanhikmah.com – Hewan yang satu ini sering membuat kita terganggu saat tidur. Gigitannya yang membuat rasa gatal bisa jadi membawa penyakit bagi tubuh kita. Berikut alasan nyamuk bisa menyebabkan penyakit
Banyak sekali jenis penyakit yang disebabkan oleh virus pada nyamuk misalnya demam berdarah, malaria, chikungunya dan west nile. Bahkan akhir-akhir ini muncul virus baru yang disebabkan oleh nyamuk yang bernama virus zika yang banyak menyerang negara barat.

Mungkin kita sempat berfikir mengapa hewan sekecil itu bisa menyebabkan penyakit yang berbahaya yang tak jarang menimbulkan korban jiwa ?
Kita semua pasti tahu bahwa nyamuk mengigit kulit kita untuk menghisap darah sebagai makanan mereka. Selain itu nyamuk juga mempunyai syap yang bisa terbang berpindah tempat untuk mencari makanan mereka berupa menghisap darah. Dengan pola inilah nyamuk bisa menyebarkan penyakit pada seseorang.

Ada beberapa spesies nyamuk yang memang cenderung mencari sumber makanan pada manusia. Bahkan ada beberapa nyamuk yang sudah lihai dalam mencari makanan, yaitu saat melakukan menghisap darah tanpa disadari oleh kita dan dilakukan hanya pada  malam hari.
Ada juga beberapa jenis nyamuk yang mencari makanan hanya pada siang dan sore hari, bahkan saat menggigit mangsanya tanpa terasa karena bahan kimia yang terdapat pada liur nyamuk.
Dengan model mencari makanan yang seperti itu membuat nyamuk mudah untuk menyebarkan penyakit dari satu orang ke orang lainnya tanpa kita sadari.

Misalnya saja pada nyamuk Aedes Aegypti yang awalnya berasal dari Afrika bisa menyebar secara global sampai ke negara Indonesia. Perubahan iklim juga mempunyai peranan dalam penyebaran nyamuk di suatu tempat. Bahkan nyamuk akan mudah untuk berkembang biak pada iklim yang hangat.

Untuk menghindari gigitan nyamuk yang berbahaya, kita harus banyak beraktivitas pada saat-saat dimana nyamuk tersebut mencari sumber makanan dengan menghisap darah. Misalnya pada siang dan sore hari yang biasa digunakan oleh nyamuk Aedes untuk mencari sumber makanan.


Artikel Terkait : Hati-hati Penularan Virus Hepatitis A

bahaya gigitan nyamuk bagi kesehatan, Berikut Alasan Nyamuk Bisa Menyebabkan Penyakit, mengapa gigitan nyamuk bisa menyebabkan penyakit

Posting Komentar untuk "Berikut Alasan Nyamuk Bisa Menyebabkan Penyakit"

banner 800x90