Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Perbedaan Antara Dokter Orthopedi dengan Chiropractic



Hikmahdanhikmah.com – Banyak orang yang masih belum mengetahui apa perbedaan dokter orthopedi dengan chiropractic. Chiropractic merupakan sebuah jenis pengobatan tradisional yang berasal dari luar negeri. Chiropractic bukan termasuk bagian dalam ilmu kedokteran, dan seorang dokter orthopedi juga tidak pernah belajar chiropractic karena tidak ada dalam kurikulum kedokteran.
Kesamaannya memang keduanya menangani tentang tulang manusia. Bahkan seorang dokter spesialis orthopedi tidak boleh melakukan manipulasi yang bersifat belebihan pada area tulang manusia, miaslnya pada area leher.

Seorang dokter orthopedi saat melakukan pengobatan pada masalah tulang manusia, terlebih dahulu melakukan beberapa pemeriksaan yang bisa menegakkan sebuah diagnosa kelainan pada tulang. Setelah itu seorang dokter akan bisa melakukan sebuah terapi yang tepat terhadap keluhan pasien.
Di negara Indonesia pengobatan chiropractic dianggap sebagai pengobatan tradisional yang berasal dari luar negeri. Saat ini di Indonesia ada perhimpunan Chiropraksi Indonesia (Perchirindo). Bahkan saat ini telah membuka kursus chiropractic yang hanya boleh diikuti oleh lulusan kedokteran saja. Dengan demikian pemberian terapi chiropractic tidak bisa sembarangan diberikan kepada orang lain.
Secara prosedur, sebelum pasien mendapatkan terapi chiropractic harus melalui sebuah wawancara terlebih dahulu untuk mengetahui riwayat penyakit, keluhan sehingga bisa tepat dalam memberikan terapi chiropractic.

Kesimpulannya adalah jika anda mengalami gangguan pada tulang terlebih pada area tulang belakang atau leher maka jangan memeriksakan ke tempat sembarangan. Yang disarankan oleh para ahli adalah anda harus pergi ke dokter spesialis yang ada di sebuah rumah sakit untuk mendapatkan gambaran tentang penyakit tulang anda dan mendapatkan penanganan yang tepat pada masalah tulang kita. Dengan melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis, maka anda terhindar dari kesalahan fatal yang diakibatkan oleh orang yang salah.


Artikel Terkait : Bahaya Sering Menggerakkan Leher Secara Berlebihan
apa bedanya chiropractic dengan dokter tulang, apakah sama antara chiropractic dengan dokter spesialis tulang, Berikut Perbedaan Antara Dokter Orthopedi dengan Chiropractic

Posting Komentar untuk "Berikut Perbedaan Antara Dokter Orthopedi dengan Chiropractic"

banner 800x90