Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Yang Terjadi Bila Kita Keracunan Sianida ?



Hikmahdanhikmah.com – Baru-baru ini kita dikejutkan dengan kematian seorang wanita yang meninggal setelah minum kopi di sebuah cafe. Para polisi menduga wanita ini emninggal karena keracunan sianida sehingga menimbulkan reaksi kejang setelah minum kopi. Banyak orang yang bertanya-tanya apa sebenarnya sianida itu dan apa yang terjadi bila kita keracunan sianida ?

Menurut seorang kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan, sianida merupakan sebuah zat yang bersifat racun apabila masuk ke dalam tubuh manusia akan bisa menimbulkan kematian. Sianida biasanya berbentuk hidrogen sianida yang merupakan cairan yang tidak memiliki warna namun saat mendapatkan suhu pada kamar akan bisa berubah menjadi biru pucat. Jika cairan ini masuk ke dalam tubuh manusia dalam jumlah yang besar, maka akan bisa menimbulkan kematian.

Saat seseorang keracunan sianida dalam jumlah yang banyak, maka akan sangat sulit untuk bisa dikeluarkan karena cairan ini akan masuk ke dalam pembuluh darah. Pada kasus orang yang keracunan sianida melalui saluran pencernaan yaitu lewat makanan, maka para dokter akan bisa melihat dampaknya pada liver atau hati.

Bahkan menurut WHO keracunan sianida bukan hanya merusak sistem kardiovaskuler, tetapi juga akan mempengaruhi sistem pernapasan, susunan saraf pusat dan gangguan pada sistem endokrin. Dengan demikian mereka yang keracunan sianida reaksi dampaknya akan sangat cepat dalam hitungan menit bisa membuat seseorang meninggal dunia.

Gejala awal seseorang mengalami keracunan sianida adalah napas menjadi sesak, nyeri kepala, cemas, gelisah dan agitasi. Selain itu mereka akan mengeluarkan banyak keringat, kulit manjadi kemerahan, badan lemah dan sampai vertigo.
Saat racun mengganggu susunan saraf pusat, maka bisa menyebabkan penderitanya mengalami tremor, kejang, aritmia jantung bahkan sampai kegagagalan dalam bernapas dan jantung berhenti berdetak.

Dalam kehidupa kehidupan sehari-hari sianida sering juga kita menjumpai pada produk makanan tentunya dengan dosis rendah. Selain itu sianida juga terkandung dalam asap rokok, asap kendaraan bermotor dan asap pabrik. Jika sianida masuk ke dalam tubuh kita dengan dosis yang kecil, maka tubuh akan merubahnya menjadi tiosianat sehingga akan aman bagi tubuh dan bisa di ekskresikan oleh tubuh kita.


Artikel Terkait : Makanan Sehat Namun Berbahaya Jika Salah Mengkonsumsinya

Apa Yang Terjadi Bila Kita Keracunan Sianida, dampak keracunan sianida, hal yang terjadi saat tubuh keracunan sianida

Posting Komentar untuk "Apa Yang Terjadi Bila Kita Keracunan Sianida ?"

banner 800x90