Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sahabat yang di berikan istana disurga sebagai pengganti rumahnya di dunia

Hikmahdanhikmah.com - Abu Ahmad bin Jahsy RA adalah salah seorang muslim pertama yang memeluk agama Islam bersama saudara-saudaranya, Abdullah dan Ubaidullah R.Anhuma, sebelum Rasulullah SAW dan para sahabat berkumpul di Darul Arqam untuk menyampaikan ajaran agama Islam kepada umat manusia.


Ketika seluruh keluarga Jahsy, baik laki-laki maupun perempuan, berhijrah ke Madinah Al-Munawwarah dengan meninggalkan rumah-rumah dan seluruh harta benda mereka yang ada di Makkah Al-Mukarramah, Abu Sufyan yang merupakan mertua dari Abu Ahmad RA menyita rumah-rumah mereka dan menjualnya kepada seseorang dengan harga 400 dinar.

Setelah Penaklukan Makkah pada tahun ke-8 Hijriah, ketika Rasulullah SAW menyelesaikan pembacaan khutbah Fathul Makkah, Abu Ahmad RA berdiri dan meminta Bani Abdul Manaf mengembalikan rumahnya yang telah mereka sita.

Atas hal ini, Rasulullah SAW memanggil Sayidina Utsman RA dan mengatakan hal-hal rahasia yang dapat membahagiakan Abu Ahmad RA. Kemudian, Sayidina Utsman RA mendatangi Abu Ahmad RA lalu menyampaikan hal tersebut kepadanya dan membuatnya senang. Abu Ahmad RA langsung diam dan mulai berbincang-bincang dengan masyarakat. Abu Ahmad RA pun tidak pernah membahas rumahnya kembali hingga wafat. (Wakidi, Maghazi)

Ketika ditanyakan kepada Abu Ahmad RA, “Apa yang dikatakan Rasulullah SAW kepadamu?” beliau menjawab sebagai berikut. “Rasulullah SAW berkata kepadaku, ‘Jika engkau bersabar, itu adalah hal terbaik untukmu. Terdapat sebuah istana di surga untukmu sebagai pengganti rumahmu itu.’ Maka, aku pun bersabar.” (Azraqi, Akhbarul Makkah)

TEKA-TEKI UNTUK ANAK-ANAK

Kecil-kecil berwarna putih,

Mereka datang dari tempat yang jauh,

Mereka bermain-main dan tertawa-tawa,

Jatuh ke bawah lalu menghilang. (Salju)

 (Sumber artikel ; Fazilet takvimi)

Posting Komentar untuk "Sahabat yang di berikan istana disurga sebagai pengganti rumahnya di dunia"

banner 800x90