Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Islam adalah agama kebersihan

Hikmahdanhikmah.com - ISLAM ADALAH AGAMA KEBERSIHAN : Agama Islam adalah agama kebersihan dan kesucian. Maka dari itu, Rasulullah SAW bersabda,


“Islam dibangun di atas kebersihan.”

“Kebersihan adalah sebagian dari iman.”

“Kebersihan adalah setengah dari iman.” Melalui hadis-hadis tersebut, Rasulullah SAW telah memberitahukan dengan sangat jelas betapa pentingnya kebersihan dalam agama kita.

Agama kita telah mewajibkan setiap umat muslim untuk membersihkan badan, pakaian, dan tempat shalatnya dari najis. Di samping itu, agama kita juga telah memerintahkan kita untuk memotong kuku, bercukur, membersihkan dan menyisir rambut dan jenggot, menjaga kesehatan gigi-gigi dengan membersihkannya mengunakan siwak, serta menjaga kebersihan rumah dan sekelilingnya.

Rasulullah SAW mencegah para sahabatnya mendatangi masjid dengan pakaian-pakaian yang kotor sebagaimana beliau juga tidak menyukai orang-orang yang tidak memperhatikan kebersihan.

Agama Islam juga memerintahkan agar menjaga kebersihan batin sebagaimana memerintahkan agar menjaga kebersihan lahir. Oleh karena itu, kebersihan yang dimaksud dalam hadis adalah kebersihan lahir dan batin. Sebab, selama seseorang tidak menghilangkan akidah-akidah yang salah dan akhlak-akhlak buruknya dengan pembersihan secara batin, sebersih apa pun ia membersihkan bagian lahirnya, ia belum dianggap melakukan pembersihan yang sesuai dan diterima oleh agama kita.

Tingkat kemanusiaan seseorang itu sebanding dengan kebersihan (lahir dan batin)nya. Maka, jauhnya seseorang dari masyarakat pun sebanding dengan kelalaiannya dalam hal kebersihan. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya, “Allah SWT itu bersih dan menyukai hal-hal yang bersih,” orang yang bersih itu dicintai oleh Allah SWT dan manusia.

Selain itu, kebersihan adalah wasilah bertambahnya kesehatan dan rezeki seseorang. Sebab, dikatakan sebagai berikut, “Teruslah menjaga kebersihan, maka kau akan diberikan kelapangan rezeki.”

Nama-nama: Laki-Laki: Salman, Perempuan: Naslihan

Sumber artikel ; Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Islam adalah agama kebersihan"

banner 800x90