> Kisah Seorang Alim yang masyhur - BAYAR ZAKAT ONLINE

Februari 22, 2021

Kisah Seorang Alim yang masyhur

Hikmahdanhikmah.com - SEORANG ALIM YANG MASYHUR: MOLLA HAYALI SEORANG ALIM YANG MASYHUR: Molla Hayāli adalah salah seorang ulama yang hidup pada masa Sultan Muhammad Al-Fatih. Nama asli beliau adalah Ahmad bin Musa. Beliau terkenal dengan nama Hayāli. Beliau adalah seorang tokoh yang sangat hebat yang mengamalkan ilmunya, serta merupakan ahli takwa dan wara’.



Pendidikan pertamanya diperoleh dari ayahnya yang merupakan seorang kādi. Setelah itu, beliau mengikuti pelajaran Khidir Bey yang merupakan seorang mudarris (pengajar) di kota Bursa. Selanjutnya, beliau menjadi asisten gurunya tersebut dan mengajar di beberapa madrasah. Setelah beberapa lama, beliau menjadi seorang pengajar di Madrasah Filibe.

Ketika Molla Khatibzāde yang merupakan pengajar di Madrasah Iznik Orhaniye wafat, Wazir Agung Mahmud Pasha menyampaikan berita wafatnya kepada Sultan Muhammad Al-Fatih, Sultan pun sangat sedih dan menginginkan seorang pemuda alim yang berfadilah dan gemar menyibukkan dirinya dengan ilmu untuk menggantikan Molla Khatibzāde. 


Kemudian, Mahmud Pasha mengajukan Molla Hayāli. Sultan Muhammad Al-Fatih pun bertanya, “Bukankah dia orang terkenal yang telah menulis hasyiyah kitab Syarhul Aqaid?” Mahmud Pasha berkata, “Iya, Sultanku.” Setelah itu, Molla Hayali diangkat menjadi pengajar di madrasah tersebut. Pada saat itu, Molla Hayali telah berniat untuk melaksanakan ibadah haji. Setelah menunaikan ibadah haji, beliau memulai tugasnya sebagai pengajar di Madrasah Orhaniye. Setelah melakukan tugasnya sebagai pengajar dalam waktu yang sangat singkat, beliau wafat pada usia 33 tahun (W. 1470). Makam beliau berada di sebuah tempat di dekat makam Molla Khusraw RH di Bursa.

Semasa hidupnya, Molla Hayāli senantiasa menyibukkan dirinya dengan ilmu dan ibadah. Dalam sehari, beliau makan sebanyak dua kali. Molla Ghiyasaddin menuturkan sebagai berikut,

 “Di Iznik, aku telah menuntut ilmu dari beliau selama dua tahun, dan aku tidak pernah melihat beliau membuang-buang waktu, tertawa, dan bersenang-senang. Beliau senantiasa diam, sibuk dengan ilmu dan ibadah, memikirkan hal-hal terperinci dalam masalah-masalah keilmuan, dan hanya berbicara saat mengajar.”

Karya beliau yang paling masyhur adalah hasyiyah yang beliau tulis dalam kitab Syarhul Aqaid. Hasyiyah tersebut adalah karya beliau yang terkenal dan diterima oleh ulama-ulama.


Selain itu, beliau juga menulis sebuah syarah atas kitab gurunya, Khidir Bey, yang bernama Qashidah Nuuniyah. (Rahmatullah ‘alaih)

Nama-Nama: Laki-Laki: Abu Bakar, Perempuan: Shiddiqah

 Sumber artikel; Fazilet takvimi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar