Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nilai Akhlakul Karimah

Hikmahdanhikmah.com - NILAI AKHLAKUL KARIMAH: Akhlak mengandung arti kepribadian dan karakter.Sebagian akhlak dinamakan akhlak hamidah (akhlak yang baik) karena mengandung nilai-nilai terpuji dan luhur, seperti tawadhu, berani, kanaah, dermawan, dan jujur. Adapun sebagian lainnya dinamakan akhlak dzamimah (akhlak yang buruk) karena mengandung nilai-nilai tercela dan hina, seperti memfitnah, sombong, tamak, ambisius, berbohong, dan gibah.



Pentingnya akhlak melebihi setiap gagasan, pikiran, dan impian. Sebab, kemanusiaan dapat berdiri dengan adanya akhlak. Kebahagiaan dan kesempurnaan kemanusiaan serta keberlanjutannya dalam lingkaran tatanan yang bersih hanya dapat dicapai dengan akhlak. 

Akhlak yang baik sangatlah berharga karena dapat memberikan kehidupan yang berbeda terhadap lingkungan sekelilingnya dan mengantarkan pemiliknya ke derajat yang tinggi. Adapun tidak memiliki akhlak yang baik adalah sebuah bencana yang paling besar.

Di tempat-tempat yang tidak terdapat akhlak (yang baik), matahari kemuliaan tidak akan terbit, bintang-bintang kebahagiaan tidak akan bersinar, mata air kejayaan tidak akan mengalir, bunga-bunga keutamaan tidak akan mekar, dan jejak-jejak peradaban yang hakiki tidak akan terlihat.

Kehidupan sosial umat manusia adalah saksi yang sangat baik akan nilai dan pentingnya akhlak. Ketika melihat sejarah, kita dapat melihat bahwa masa yang paling bahagia dan paling maju yang dirasakan oleh suatu bangsa adalah masa-masa ketika bangsa tersebut memiliki akhlak yang baik. Sebaliknya, masa kehancuran dan kemundurannya adalah ketika bangsa tersebut menjauh dari akhlak.

Oleh karena itu, agama Islam memberikan penghargaan besar sebagaimana mestinya terhadap akhlak. Rasulullah SAW senantiasa berdoa kepada Allah SWT sebagai berikut. “Ilahi, aku memohon kesehatan, afiat, dan akhlak yang baik dari zat-Mu yang mulia.”

Selain itu, Rasulullah SAW juga bersabda, “Ciptaan Allah SWT yang terbesar adalah akhlak yang baik. Kebahagiaan manusia adalah akhlak yang baik, sedangkan akhlak yang buruk termasuk kehancuran manusia.”

Hadis-hadis mulia ini telah cukup untuk menunjukkan kebesaran yang terkandung dalam akhlak. 

Sumber artikel ; Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Nilai Akhlakul Karimah"

banner 800x90