Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Surat Rosululoh Saw kepada raja Habasyah Najasyi

SURAT RASULULLAH SAW KEPADA RAJA HABASYAH NAJASYI: Nama asli Raja Habasyah Najasyi adalah Ashama. Pada tahun 615 M, kaum muslim berhijrah ke Habasyah. Rasulullah SAW mengirim surat kepada Ashama melalui Amr bin Umayyah Ad-Damri RA dan memerintahkan Ja’far bin Abi Thalib RA dan beberapa sahabat lainnya yang telah berada di sana untuk mengajaknya masuk Islam. Terjemahan isi surat tersebut adalah sebagai berikut.



“Bismillaahirrahmaanirrahiim. Dari Muhammad Rasulullah SAW kepada Raja Habasyah Najasyi.

Wahai Raja, aku berharap engkau menjadi seorang muslim. Sesungguhnya, atas namamu, aku menyampaikan pujian kepada Allah SWT Yang Maha Menguasai, Mahasuci, Maha Pemberi Keselamatan dan Perlindungan, serta Maha Mengawasi.

Aku bersaksi bahwa Isa putra Maryam adalah ruh dan kalam Allah SWT. Allah SWT telah meniupkan ruh dan firman-Nya (firman “Jadilah!” ketika menciptakan Nabi Isa AS) ke dalam perut Maryam, seorang gadis yang sangat bersih dan suci yang menarik dirinya dari kehidupan dunia seluruhnya. Oleh karena itu, mengandunglah Maryam. Demikianlah Allah SWT menciptakan Isa AS dengan ruh dan firman-Nya sebagaimana Dia menciptakan Adam AS dengan kekuasaan-Nya.

Wahai Raja, aku mengajakmu untuk beriman kepada Allah SWT Yang Maha Esa dan tidak ada sekutu bagi-Nya, beribadah kepada-Nya, mengikutiku, dan beriman kepada segala sesuatu yang diturunkan oleh Allah SWT kepadaku. Sebab, aku adalah seorang rasul yang ditugaskan untuk menyampaikan semua ini. Aku mengajakmu dan seluruh pasukanmu untuk beriman kepada Allah SWT Yang Mahaperkasa dan Mahamulia. Sekarang aku telah menyampaikan agama Islam dan memberikan nasihat kepadamu, maka terimalah nasihatku ini. Semoga keselamatan selalu tercurahkan kepada orang-orang yang berada di jalan kebenaran.”

Ketika surat itu tiba, Raja Najasyi pun langsung menjadi seorang muslim dan bersaksi akan kenabian Rasulullah SAW. Kemudian, ia berkata, “Sebagaimana Nabi Musa AS telah memberikan kabar akan kedatangan Nabi Isa AS, Nabi Isa AS pun telah memberikan kabar akan kedatangan Rasulullah SAW.”

Sumber artikel: Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Inilah Surat Rosululoh Saw kepada raja Habasyah Najasyi"

banner 800x90