Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sesungguhnya kebesaran yang Sebenarnya ada di akhirat

Hikmahdanhikmah.com - KEBESARAN YANG SEBENARNYA ADA DI AKHIRAT: Allah SWT berfirman dalam surat Az-Zukhruf ayat 33-35 (yang artinya), “Sekiranya bukan karena menghindarkan manusia menjadi umat yang satu (dalam kekafiran), tentulah sudah Kami buatkan bagi orang-orang yang kafir kepada (Allah) Yang Maha Pengasih loteng-loteng rumah mereka dari perak dan (demikian pula) tangga-tangga (perak) yang mereka naiki. 



(Kami buatkan pula) pintu-pintu (perak) bagi rumah-rumah mereka dan (begitu pula) dipan-dipan tempat mereka bersandar. (Kami buatkan pula) perhiasan-perhiasan dari emas (untuk mereka). Semuanya itu tidak lain hanyalah kesenangan kehidupan dunia, sedangkan kehidupan akhirat di sisi Tuhanmu (disediakan) bagi orang-orang yang bertakwa.”

Dari ayat-ayat karimah ini, dapat dipahami bahwa kebesaran yang sebenarnya adalah di akhirat. Tidak ada kebesaran apa pun di dunia. Oleh karena itu, orang-orang beriman tidak diberikan bagian yang banyak (sebanyak orang kafir). Sebab, kekayaan dunia itu sangatlah sedikit dan kecil dibandingkan dengan kekayaan akhirat. Kekayaan dunia tersebut juga sering kali membuat manusia lupa dari berzikir kepada Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda, “Dunia adalah tempat yang kumuh. Sesuatu yang lebih kumuh daripada dunia adalah hati yang sibuk dengan (urusan) dunia. Barang siapa terlalu menyibukkan dirinya dengan dunia, ia akan lalai dalam berzikir kepada Allah SWT. Dengan demikian, setan akan dikirim untuk mengganggunya.”

Selain itu, Allah SWT juga berfirman dalam surat Az-Zukhruf ayat 36 (yang artinya), “Barang siapa berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pengasih (Al-Quran), Kami biarkan setan (menyesatkannya), niscaya setan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya.”

Dalam ayat-ayat karimah ini, terdapat isyarat atas fananya dunia dan keburukan bagi seseorang yang hatinya sibuk dengan kekayaan duniawi.

Berkaitan dengan dunia, Rasulullah SAW bersabda,

“Seandainya saja dunia memiliki nilai sebesar sayap seekor nyamuk di sisi Allah SWT, Allah SWT tidak akan memberikan orang kafir minum air darinya meski hanya setetes.”

 Sumber artikel: Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Sesungguhnya kebesaran yang Sebenarnya ada di akhirat"

banner 800x90