> Berikut Dampak Psikologis Akibat Kecanduan Sosial Media - BAYAR ZAKAT ONLINE

Maret 06, 2021

Berikut Dampak Psikologis Akibat Kecanduan Sosial Media


Hikmahdanhikmah.com – Saat ini media sosial menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Kita tahu dengan adanya teknologi internet banyak kemudahan yang kita dapatkan. Apa saja bisa kita dapatkan dengan mudah melalui internet. Dengan potensi pengguna internet dan sosial media yang tinggi di Indonesia, membuat banyak masyarakat kita banyak yang jatuh pada kondisi ketagihan akan media sosial. Bahkan ada orang yang merasa tidak nyaman seperti ada yang kurang jika belum update status baru di media sosial. Dampak positifnya memang bisa membuat orang yang jauh terasa dekat tanpa jarak. Namun ada dampak negatif jika anda mengalami ketagihan sosial media terutama bagi psikologis anda.

Sering kita melihat seseorang yang asyik dengan ponsel mereka yaitu bermain media sosial. Mereka rela menatap layar ponsel mereka selama berjam-jam hanya ingin sekedar komentar pada sosial media. Jika anda mengalami ini berarti anda secara tidak sadar mengalami kecanduan akan media sosial.

Kecanduan media sosial bisa berdampak buruk bagi psikologis seseorang. Saat ini kalau kita mengamati media sosial kebanyakan hanya sebagai ajang seseorang untuk menunjukkan eksistensinya dan lebih ke arah pamer tentang apa yang saat ini dia lakukan.

Baca Juga : Alasan Mengapa Banyak Orang Yang Suka Narsis dan Pamer di Media Sosial.

Bagi kebanyakan orang saat melihat orang lain atau teman kita mengalami kesuksesan yang melebihi kita, maka secara naluri kita akan merasa iri. Sifat inilah yang secara tidak sadar dapat mengganggu psikologis pengguna media sosial. Bagi anda yang tidak mampu mengendalikan diri, maka bisa membuat kita menjadi depresi karena melihat kesuksesan orang lain dan ini sangat buruk bagi psikologis kita.

Bahkan sekarang ini media sosial bisa menjadi ajang bulliying yang sangat berbahaya. Banyak mereka yang mengaku depresi, merasa tertekan, bahkan sampai melakukan bunuh diri diakibatkan dipermalukan di media sosial. Tentu hal ini sangat berbahaya. Untuk itu para pakar menyarankan untuk menggunakan media sosial dengan bijak dan cerdas.

Masalah psikologis lain dari kecanduan media sosial adalah membuat banyak orang menjadi berambisi, obsesi dan cenderung menipu diri sendiri. Dengan melihat teman di media sosial mendapatkan sesuatu membuat kita menjadi obsesi untuk juga bisa memiliki seperti apa yang dilihat dalam media sosial.

Rasa obsesi ini bisa berbahaya karena bisa menimbulkan perasaan menghalalkan segala cara agar bisa mendapatkan yang diinginkan seperti pada media sosial. Akhirnya tak jarang sering kita menjumpai orang yang punya banyak kepribadian di media sosial dan ini kurang bagus bagi kesehatan psikologis. Gunakan media sosial secara cerdas dan bijak. Jangan sampai malah menimbulkan depresi bagi penggunanya yang sangat membahayakan kesehatan psikologis kita.


Artikel Terkait : Hidup Tanpa Sosial Media Akan Lebih Bahagia

Berikut Dampak Psikologis Akibat Kecanduan Sosial Media, dampak buruk sering menggunakan sosial media, dampak negatif kecanduan sosial media

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar