> Dampak Negatif Gadget Bagi Anak-anak - BAYAR ZAKAT ONLINE

Maret 09, 2021

Dampak Negatif Gadget Bagi Anak-anak



Hikmahdanhikmah.com – Tahukah kita berdasarkan hasil penelitian  anak dan remaja saat ini rata-rata menghabiskan waktu sekitar empat jam untuk bermain gadget atau komputer. Ada banyak hal yang mereka lakukan diantaranya mengerjakan tugas sekolah, sosial media, bermain game dan mencari informasi di internet. 

Apakah ini berdampak negatif pada anak ?
Tidak bisa kita pungkiri bahwa kehadiran gadget saat ini banyak memberi manfaat dan kemudahan bagi anak dan remaja. Mulai dari mengerjakan tugas sekolah sampai mencari informasi di internet. Dibalik manfaat gadget, ternyata ada dampak negatifnya juga bagi kesehatan anak, diantaranya :

1. Meningkatkan risiko obesitas
Saat seorang anak sangat menyukai bermain gadget maka akan meningkatkan resiko obesitas. Saat seorang anak bermain gadget akan mendorong anak untuk pasif atau hanya duduk dalam waktu yang lama. Hal ini berbeda dengan kebiasaan anak jaman dahulu. 

Mereka belum mengenal gadget, mereka hanya bermain yang bisa meningkatkan kesehatan mulai dari loncat tali, bentengan dll.
Apa bahayanya jika anak kita obesitas? Anak yang obesitas akan beresiko tetap mengalami obesitas saat dia dewasa. Hal ini akan meningkatkan banyak penyakit berbahaya seperti diabetes, jantung dan stroke.

2. Meningkatkan agresivitas
Munculnya aneka game pada gadget, akan memicu seorang anak untuk menjadi agresif menirukan apa yang dia lihat dalam gadget. Ada banyak dampak negatif lainnya saat seorang anak suka melihat gadget. Misalnya anak akan mudah marah, berani melawan orang tua dan guru dan meningkatkan resiko perilaku kekerasan.

3. Menganggu jam tidur
Banyak orang tua yang menempatkan barang elektronik pada kamar anak, misalnya TV dan komputer serta gadget. Dengan mudahnya anak menggunakan barang elektronik atau gadget pada kamar mereka, maka akan membuat jam tidur anak kita menjadi molor. 

Misalnya sebelum mereka tidur bermain game dulu, ngobrol di sosial media sama temen, atau menonton acara televisi yang menurutnya menarik. Dengan terganggunya jam tidur anak, maka akan membuat anak akan merasa ngantuk saat bersekolah yang ujung-ujungnya akan menurunkan prestasi akademik.

4. Lebih berisiko memiliki masalah mental
Menurut seorang profesor psikologi yang bernama Douglas A. Gentile mengatakan bermain game dalam waktu yang lama akan meningkatkan resiko depresi, baik bagi anak-anak maupun orang dewasa.

Disamping itu anak yang suka menghabiskan waktunya untuk bermain gadget, maka akan membuat anak tidak memiliki kehidupan sosial yang baik. Mereka cenderung bermain game saat merasa kesepian sehingga tidak terbiasa dengan kehidupan sosial bersama orang lain.
Sebagai orang tua, kita harus membatasi anak kita untuk bermain gadget. 

Berikan waktu maksimal dua jam sehari untuk bermain gadget. Disamping itu sebagai orang tua juga harus sering bersosialisasi terhadap anak dengan sering mengajak ngobrol tentang apa yang sedang dihadapi anak. Dengan demikian anak merasa mempunyai teman curhat yang siap membantunya dan tidak melampiaskan dengan bermain gadget.

Artikel Terkait : Tanda-tanda Anak Menderita Autisme

apa bahayanya jika anak ketagihan gadget, dampak buruk anak yang sering bermain gadget, Dampak Negatif Gadget Bagi Anak-anak

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar