Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ibadah pada malam bara'ah Nishfu syaban

Hikmahdanhikmah.com - IBADAH PADA MALAM BARA’AH (NISHFU SYA’BAN): Malam ke-15 bulan Sya’ban adalah malam Bara’ah atau Nishfu Sya’ban. Pada malam ini, setidaknya kita melaksanakan shalat Tasbih. Pada malam Bara’ah ini terdapat shalat Hajat (Khair) yang dianjurkan untuk dilaksanakan. Barang siapa melaksanakan shalat Hajat yang berjumlah 100 rakaat lalu meninggal dunia pada tahun tersebut, ia akan mendapatkan derajat orang yang mati syahid.



Niat shalatnya seperti ini, “Ya Rabbi, aku berniat shalat untuk mendapatkan ridha-Mu. Berikanlah aku ampunan dan cahaya-Mu. Jauhkanlah aku dari kesempitan hati, kesulitan dunia, dan kesulitan akhirat, serta masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang berbahagia, Allahu Akbar.”

Adapun cara melaksanakan shalat tersebut adalah sebagai berikut.

 Setelah surat Al-Fatihah, dibaca 10 kali surat Al-Ikhlas pada setiap rakaatnya dan satu kali salam untuk setiap dua rakaat. Shalat Hajat ini juga dapat dilaksanakan sebanyak 10 rakaat dengan membaca 100 kali surat Al-Ikhlas setelah Al-Fatihah pada setiap rakaatnya dan satu kali salam untuk setiap dua rakaat.

 Setelah shalat, dibaca 11 bacaan di bawah ini masing-masing sebanyak 14 kali. Terdapat 11 bacaan karena hitungan abjad kata ‘Hu’ nama mulia Allah SWT adalah 11 dan dibaca sebanyak 14 kali karena hitungan abjad kata ‘Thaha’ (salah satu nama Rasulullah SAW) adalah 14.

14 kali istigfar

14 kali shalawat

14 kali Al-Fatihah

14 kali Ayat Kursi disertai basmalah.

Dua ayat terakhir dari surat At-Taubah, “laqad Jā’akum...” 14 kali disertai basmalah.

1 kali surat Yasin setelah membaca 14 kali kata “Yāsīn”.

14 kali surat Al-Ikhlas beserta basmalah,

14 kali surat Al-Falaq beserta basmalah,

14 kali surat An-Naas beserta basmalah,

14 kali tasbih, “Subhānallāhi wal hamdulillāhi walā ilāha illallāhu wallāhu akbar walā haula walā quwwata illā billāhil ‘aliyyil azhīm.”,

14 kali shalawat (lebih bagus membaca shalawat Munjiyah), lalu berdoa. (Kumpulan Doa dan Ibadah, Penerbit Fazilet)

 Sumber artikel ; Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Ibadah pada malam bara'ah Nishfu syaban"

banner 800x90