Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Mati syahidnya Umar Ra

Hikmahdanhikmah.com - MATI SYAHIDNYA UMAIR RA: Sa’ad bin Abi Waqqas RA menuturkan,“Sebelum Rasulullah SAW memeriksa pasukan untuk Perang Badar, aku melihat saudaraku, Umair. Ia terlihat sedang berusaha menyembunyikan dirinya dari Rasulullah SAW. Aku pun bertanya kepadanya, ‘Saudaraku, apa yang terjadi?’ Umair RA pun berkata, ‘Aku khawatir Rasulullah SAW melihatku, lalu tidak memasukkanku ke dalam pasukan karena aku masih kecil. Sementara itu, aku sangat ingin ikut berperang. Aku berharap Allah SWT memberikanku nikmat mati syahid.’




Ketika sedang memeriksa pasukan, Rasulullah SAW melihat Umair. Karena usianya yang masih kecil, Rasulullah SAW tidak memberikannya izin untuk bergabung dengan pasukan seraya berkata, ‘Kembalilah!’ Kemudian, Umair RA mulai menangis sehingga Rasulullah SAW pun memberikannya izin.

Karena ia masih kecil, akulah yang mengikatkan pedangnya, lalu kami pun berperang bersama. Dalam peperangan ini, ia memperoleh nikmat mati syahid yang diinginkannya. Ketika mati syahid, ia masih berusia enam belas tahun. Radhiyallaahu ‘anhu.

BULAN SYA’BAN

Bulan Sya’ban adalah bulan Rasulullah SAW. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk memperbanyak membaca shalawat pada bulan ini. Di samping itu, sebisa mungkin kita harus memperbanyak membaca istigfar dan surat Al-Ikhlas, melaksanakan shalat Tahajud, shalat Tasbih, dan Khatam Anbiya.

Bulan Sya’ban adalah bulan yang mulia, agung, penuh ampunan, pembawa ihsan Ilahi, rahmat bagi orang yang beriman, derita bagi orang kafir, dan wasilah untuk memperoleh cahaya Ilahi.

Pada malam pertama bulan ini, yakni malam ini, kita dianjurkan untuk mengerjakan shalat Tasbih. Pada setiap rakaatnya dibaca 1 kali surat Al-Fatihah dan 3 kali Ayat Kursi. (Kumpulan Doa dan Ibadah, Penerbit Fazilet)

IJTIMAK, RUKYAT, DAN PERMULAAN BULAN SYA’BAN

Ijtimak bulan Sya’ban tahun 1442 H jatuh pada hari Sabtu, 13 Maret pukul 17.21 WIB. Sementara itu, rukyat jatuh pada hari Minggu, 14 Maret pukul 06.45 WIB

Adapun tempat-tempat terlihatnya hilal meliputi Meksiko, Panama, Kosta Rika, Honduras, Samudera Pasifik, Hawaii, dan Kepulauan Galapagos.

Hari terlihatnya hilal, yakni hari Minggu, 14 Maret adalah hari pertama bulan Sya’ban.

 Sumber artikel ; Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Kisah Mati syahidnya Umar Ra"

banner 800x90