Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nasihat-nasihat imam abu Yusuf RH

Hikmahdanhikmah.com - NASIHAT-NASIHAT IMAM ABU YUSUF RH: Khalifah Bani Abbasiah yang bernama Harun Ar-Rasyid meminta kepala kadinya, Imam Abu Yusuf RH, untuk menulis sebuah kitab yang menjelaskan prinsip-prinsip agama mengenai harta-harta yang dikumpulkan seperti usyr (sepersepuluh bagian harta yang dikeluarkan dari hasil pertanian sebagai zakat) agar tidak terjadi kezaliman. Imam Abu Yusuf RH pun menuliskan sebuah karya yang bernama Kitabul Kharaj. Pada bagian depan karyanya ini, beliau menulis beberapa nasihat untuk khalifah, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.


Wahai Amirul Mukminin, aku panjatkan ribuan puji syukur kepada Allah SWT. Allah SWT telah memberikan beban yang sangat besar kepadamu yang tentunya pahalanya adalah pahala yang paling besar dan azabnya juga adalah azab yang paling pedih. Dia telah menjadikanmu sebagai penggembala umat ini serta menugaskanmu untuk menjaga hamba-hamba-Nya dan memperhatikan seluruh urusan mereka.

Pada saat ini, engkau pun berusaha siang dan malam untuk mengokohkan bangunan yang akan memberikan perlindungan kepada hamba-hamba Allah. Akan tetapi, jika pondasi sebuah bangunan tidak didirikan atas dasar ketakwaan, Allah SWT akan merobohkan bangunan itu ke atas orang yang mendirikan dan orang-orang yang membantunya.

Sekarang, engkau juga jangan menyia-nyiakan nikmat kepemimpinan yang telah Allah SWT anugerahkan kepadamu, janganlah beralih ke selain jalan kebaikan. Sebab, kekuatan dan kekuasaan dalam sebuah amal itu hanya datang dari Allah SWT.

Jangan pernah menunda pekerjaan hari ini sampai esok hari. Sebab, ajal itu sangat dekat dengan angan-angan. Manusia mengetahui bahwa amal akan terputus ketika ajal tiba, maka berusahalah agar amalmu mendahului ajalmu.

Sebagaimana seorang penggembala akan mempertanggungjawabkan hewan gembalaannya kepada tuannya, para pemimpin di dunia ini pun akan mempertanggungjawabkan rakyat yang berada di bawah kepemimpinannya kepada Allah SWT kelak pada hari kiamat. Oleh karena itu, engkau pun harus melaksanakan kebenaran dan mendengarkan perkataan yang benar.

Meski hanya satu jam dalam sehari, bentuklah majelis keadilan dan dengarkanlah (apa yang disampaikan oleh) orang-orang, lalu berikanlah hak kepada pemiliknya. Pada hari kiamat, pemimpin yang terbaik adalah pemimpin yang karena dirinya, orang-orang yang berada di bawah kepemimpinannya mendapatkan kebahagiaan.

Janganlah engkau berpisah dari jalan yang benar dan beralih ke jalan maksiat kepada Allah SWT agar masyarakatmu pun tidak keluar dari jalan yang benar. Janganlah engkau menuruti keinginan hawa nafsumu dan kalah atas murkanya nafsu serta takutlah kepada Allah SWT.

Kapan pun engkau dihadapkan dengan dua urusan yang berupa urusan akhirat dan urusan dunia, dahulukanlah urusan akhirat atas urusan dunia. Janganlah kamu membeda-bedakan orang yang dekat dan orang yang jauh denganmu dalam keadilan. Janganlah engkau takut melaksanakan perintah Allah SWT karena dijelekkan oleh orang lain. Ketakutanmu kepada Allah SWT harus (kamu tunjukkan) dengan hati dan amalmu, bukan hanya dengan lisanmu saja.

Sumber artikel ; Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Nasihat-nasihat imam abu Yusuf RH"

banner 800x90