> Segala sesuatu terletak pada Empat hal Kebaikan - BAYAR ZAKAT ONLINE

Maret 01, 2021

Segala sesuatu terletak pada Empat hal Kebaikan

Hikmahdanhikmah.com - KEBAIKAN SEGALA SESUATU TERLETAK PADA EMPAT HAL: Keberlanjutan alam ini dengan baik dijelaskan sebagai berikut.

Keberlanjutan dunia ini dengan baik terletak pada empat hal, yaitu para nabi, ulama, hakim, dan pedagang.


Baiknya kesabaran terletak pada empat hal, yaitu takut kepada Allah SWT, girah (dalam ibadah-ibadah), zuhud (menjadi ahli takwa dan tidak mengikuti hawa nafsu), dan muhasabah diri.

Baiknya iman yang hakiki terletak pada empat hal, yaitu menjadi ahli hikmah, menjadi ahli basirah, bersungguh-sungguh, dan mengikuti sunah.

Baiknya jihad terletak pada empat hal, yaitu amar makruf (mengajak kepada kebaikan), nahi mungkar (mencegah kemungkaran), hamiyyah (memiliki martabat dan kemuliaan), dan shalabah (memiliki agama yang kuat).

Baiknya keadilan terletak pada empat hal, yaitu paham (mengerti dan memahami), mengikuti agama, menjadi ahli ilmu, dan memiliki sifat lemah lembut.

Baiknya laki-laki terletak pada empat hal, yaitu dikenal baik, memiliki nasib yang baik, serta bersifat tawadhu dan kanaah.

Baiknya perempuan terletak pada empat hal, yaitu bersemangat, menjaga kesucian, menutup aurat, dan menjaga amanah.

Baiknya seorang alim terletak pada empat hal, yaitu berkata benar, menasihati, memuliakan ilmu, dan beramal dengan ilmunya.

Baiknya para santri yang menuntut ilmu terletak pada empat hal, yaitu mendengar segala sesuatu yang benar, menerima nasihat, membahas ilmu, dan menghormati orang-orang alim.

Baiknya manusia secara lahir terletak pada empat hal, yaitu mata, telinga, tangan, dan kaki.

Baiknya manusia secara batin (maknawi) terletak pada empat hal, yaitu menjadi alim, pandai, berada di antara rasa takut dan berharap.

TEKA-TEKI

Tiga orang tamu telah datang kepada kami, mereka adalah dua orang anak dan dua orang ayah. (anak, ayah, kakek)

Pergi dan tidak akan kembali, datang dan tidak akan pergi lagi. (waktu muda, waktu tua)

Datang satu persatu, pergi satu persatu, yang datang akan pergi, dan yang pergi tidak akan kembali, apakah ini? (Orang yang lahir, orang yang meninggal)

 Sumber artikel ; Fazilet takvimi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar