Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Melaksanakan Shalat Tarawih?

Hikmahdanhikmah.com - BAGAIMANA CARA MELAKSANAKAN SHALAT TARAWIH?: Shalat Tarawih merupakan salah satu shalat sunah muakad yang terdiri atas dua puluh rakaat dan hanya dilaksanakan pada malam-malam bulan Ramadan. Rasulullah SAW sendiri telah melaksanakan shalat ini dan dilanjutkan oleh Khulafaur Rasyidin (ridhwānullāhi ‘alaihim). 

Sumber gambar https://www.santripedia.com

Melaksanakan shalat Tarawih secara berjamaah merupakan sunah kifayah. Barang siapa melaksanakan shalat Tarawih di rumah (tanpa adanya uzur untuk pergi ke masjid), sedangkan di masjid dilaksanakan shalat Tarawih secara berjamaah, sesungguhnya dia telah meninggalkan kemuliaan dari shalat Tarawih berjamaah yang dilaksanakan di masjid.

Shalat Tarawih harus dilaksanakan dengan dua rakaat sekali salam. Cara melaksanakan shalat Tarawih adalah dengan memberikan salam pada setiap dua rakaatnya seperti melaksanakan shalat sunah lainnya.

Ketika melaksanakan shalat Tarawih secara berjamaah, makmum harus berniat shalat Tarawih dan berniat mengikuti imam. Kemudian, imam membaca bacaannya dengan jahr (bersuara keras). Untuk shalat Tarawih, kita harus memilih imam yang kiraat (bacaan)nya baik dan benar, bukan yang hanya suaranya bagus atau yang dapat membaca dengan cepat.

Apabila seseorang baru datang ke masjid ketika imam dan jamaah telah melaksanakan shalat Isya dan memulai shalat Tarawih, ia harus melaksanakan shalat Isya terlebih dahulu, lalu meneruskan shalat Tarawih dengan imam. Setelah itu, ia menyempurnakan rakaat yang kurang (dari shalat Tarawihnya) lalu meneruskannya dengan shalat Witir secara munfarid (sendiri).

Orang yang melaksanakan shalat Tarawih secara munfarid boleh melaksanakan shalat Witir berjamaah dengan imam.

Shalat Tarawih bukan merupakan sunah puasa, melainkan sunah bulan Ramadan. Orang yang tidak dapat berpuasa karena sebuah halangan tetap harus mengerjakan shalat Tarawih selama dia mampu untuk mengerjakannya.

 Sumber artikel; Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Melaksanakan Shalat Tarawih?"

banner 800x90