Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Memberikan Manfaat Atas Musibah-Musibah yang Belum Turun dan Yang sudah Turun

Hikmahdanhikmah.com - DOA MEMBERIKAN MANFAAT ATAS MUSIBAH-MUSIBAH YANG BELUM TURUN DAN YANG SUDAH TURUN: Sejarawan Ibnu Batutah menjelaskan dalam karyanya yang bernama Tuhfatun Nuzzar mengenai perjalanannya sebagai berikut.



Aku berada di Damaskus pada akhir bulan Rabiul Akhir 749 H (Juli 1348). Ketika itu, sebuah wabah penyakit yang begitu parah telah menyebar dan menewaskan banyak orang.

Malik Umara Argun Shah, yang merupakan wakil dari sultan, mengumumkan melalui juru siarnya bahwa penduduk Damaskus diharapkan untuk berpuasa selama tiga hari dan tidak memakan makanan yang dibuat di pasar pada siang hari. Sebab, sebagian besar penduduk Damaskus makan makanan di pasar. Oleh karena itu, orang-orang berpuasa selama tiga hari berturut-turut. Hari terakhir mereka berpuasa bertepatan dengan hari Kamis.

Kemudian, semua pemimpin, orang terpandang, hakim, dan orang-orang dari semua golongan berkumpul di masjid terbesar sehingga masjidnya penuh. Mereka melewati malam itu (malam Jumat) dengan shalat, zikir, dan doa.

Seluruh penduduk kota, baik laki-laki maupun perempuan, mulai dari yang tua hingga anak-anak berkumpul bersama di sana. Seluruh umat muslim memohon kepada Allah SWT dengan berlinang air mata, bertawasul dengan Al-Quran dan Rasulullah SAW, serta mencari wasilah untuk mendapatkan rahmat Ilahi.

Setelah melaksanakan shalat Subuh berjamaah, para pemimpin keluar dengan bertelanjang kaki dan membawa mushaf di tangan mereka. Dari sana, mereka menuju masjid yang bernama Masjid Al-Aqdam. Dalam sebuah riwayat dikatakan bahwasanya masjid itu adalah sebuah masjid mulia yang di dalamnya terdapat jejak kaki dan makam Nabi Musa AS. Mereka menyibukkan diri di sana dengan memohon dan berdoa hingga waktu zawal. Kemudian, mereka kembali ke kota dan melaksanakan shalat Jumat.

Setelah itu, Allah SWT meringankan wabah itu. Ketika itu, dalam sehari terdapat 24 ribu orang yang meninggal di Kairo dan Mesir, sedangkan jumlah orang yang meninggal di Damaskus tidak mencapai dua ribu orang.

NAMA-NAMA: Laki-Laki: Yahya, Perempuan: Karimah

Sumber artikel : Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Doa Memberikan Manfaat Atas Musibah-Musibah yang Belum Turun dan Yang sudah Turun"

banner 800x90