Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meskipun engkau adalah Karun,Bagianmu dari Dunia Hanyalah sebuah kain Kafan

Hikmahdanhikmah.com - MESKIPUN ENGKAU ADALAH KARUN, BAGIANMU DARI DUNIA HANYALAH SEBUAH KAIN KAFAN: Karun adalah seseorang yang bertindak sewenang-wenang dengan mengandalkan harta kekayaannya yang besar. Kehidupannya diceritakan dalam Al-Quran surat Al-Qasas ayat 76-82 sebagai berikut.



Sesungguhnya Karun adalah salah seorang dari kaum Nabi Musa AS. Namun, ia menimbun bahan-bahan pokok, tidak memberikan zakatnya, dan menentang Nabi Musa AS. Kami telah menganugerahkan kepadanya perbendaharaan harta yang kunci-kuncinya sungguh berat dipikul oleh sejumlah orang yang kuat. (Ingatlah) ketika kaumnya berkata kepadanya, “Janganlah engkau terlalu bangga. Sungguh, Allah SWT tidak menyukai orang yang membanggakan diri.

Carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerahkan oleh Allah SWT kepadamu, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu (jatahmu) di dunia. (Maksud dari bagian atau jatah di dunia adalah amal-amal dan segala sesuatu yang akan bermanfaat di akhirat berdasarkan hadis berikut, “Dunia adalah ladang akhirat.” Jika bukan demikian, jatah (seseorang) dari dunia hanyalah sebuah kain kafan.)

Berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah SWT telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh, Allah SWT tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.

Dia (Karun) berkata, “Sesungguhnya aku diberi (harta itu) semata-mata karena ilmu yang ada padaku.” Tidakkah dia tahu bahwa Allah SWT telah membinasakan umat-umat sebelumnya yang lebih kuat daripadanya dan lebih banyak mengumpulkan harta? Orang-orang yang banyak berdosa itu tidak perlu ditanya tentang dosa-dosa mereka (mereka dapat diketahui dari wajah-wajah mereka dan langsung dilemparkan ke dalam neraka).

Maka keluarlah dia (Karun) kepada kaumnya dengan kemegahannya. Orang-orang yang menginginkan kehidupan dunia berkata, “Mudah-mudahan kita mempunyai harta kekayaan seperti apa yang telah diberikan kepada Karun, sesungguhnya dia benar-benar mempunyai keberuntungan yang besar.”

Akan tetapi, orang-orang yang dianugerahi ilmu berkata, “Celakalah kalian! Ketahuilah, pahala Allah SWT lebih baik bagi orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, dan (pahala yang besar) itu hanya diperoleh oleh orang-orang yang sabar.”


Maka, Kami benamkan dia (Karun) bersama istananya ke dalam bumi. Tidak ada baginya satu golongan pun yang akan menolongnya selain Allah SWT dan dia tidak termasuk orang-orang yang dapat membela diri. Orang-orang yang kemarin mengangan-angankan kedudukannya (Karun) itu berkata, “Aduhai, benarlah kiranya tidak akan beruntung orang-orang yang mengingkari (nikmat Allah SWT).” (Elmalılı, Hak Dini Kur’an Dili Tefsiri, Penerbit Fazilet)

Sumber artikel; Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Meskipun engkau adalah Karun,Bagianmu dari Dunia Hanyalah sebuah kain Kafan"

banner 800x90