Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seseorang Harus Menghindari Menyakiti Hati Orang lain

Hikmahdanhikmah.com - SESEORANG HARUS MENGHINDARI MENYAKITI HATI ORANG LAIN: Berkaitan dengan berhati-hati agar tidak menyakiti hati orang lain, Imam Rabbani KS berkata sebagai berikut.

Sumber gambar : https://umma.id

Dikatakan dalam sebuah hadis qudsi, “Bumi-Ku dan langit-Ku tidak akan mampu meliputi-Ku. Akan tetapi, hati seorang hamba-Ku yang mukmin mampu meliputi-Ku.” (Maktubat Imam Rabbani, Jilid 1, maktub ke-70)

Hindari dan jauhilah perbuatan yang dapat menyakiti hati orang lain. Sebab, selain kufur tidak ada dosa yang lebih besar yang mengakibatkan murka Allah SWT, daripada menyakiti hati orang lain. Sesungguhnya, hati adalah sesuatu yang paling dekat di antara segala sesuatu yang telah mencapai Allah SWT.


Semua manusia adalah hamba Allah SWT. Siapa pun yang memukul dan menghina budak seseorang akan membuat tuan budak tersebut sedih. Maka dari itu, (perlu dipikirkan) bagaimana dengan (menyakiti hati hamba-hamba) Allah SWT yang merupakan pemilik segala sesuatu secara mutlak? (Apakah hal itu tidak akan mengakibatkan datangnya murka Allah SWT). (Maktubat Imam Rabbani, Jilid 3, maktub ke-45)

BURUNG UNTA

Burung unta adalah jenis burung terbesar yang hidup berkelompok di daerah Jazirah Arab dan Afrika. Bulu-bulunya dapat digunakan sebagai hiasan. Burung unta jantan yang telah dewasa memiliki tinggi rata-rata 2,5 meter dan berat 150 kg. Burung unta tidak memiliki tonjolan tulang dada dan tidak bisa terbang karena tubuhnya yang berat. Mereka dapat berlari lebih cepat daripada seekor kuda biasa hingga mencapai kecepatan 60-70 km/jam. Selain penglihatannya yang tajam, indra penciuman seekor burung unta juga sangat kuat. Burung unta yang satu kakinya patah, tidak bisa berjalan dengan kaki lainnya, dan akan tetap berdiam pada tempatnya. Jika tidak mendapatkan bantuan, ia akan mati karena kelaparan.

Di antara lampu-lampu gantung yang berada di dalam Masjid Süleymaniye (yang menurut Mimar Sinan diangggap sebagai masjid buatan asistennya) terdapat telur burung unta yang warnanya telah berubah menjadi cokelat. Telah diketahui bahwa kulit telur ini mengeluarkan bau yang dapat mencegah laba-laba membuat sarang.

Sumber artikel : Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Seseorang Harus Menghindari Menyakiti Hati Orang lain"

banner 800x90