Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Tips Aman Melihat Gerhana Matahari Total



Hikmahdanhikmah.com – Gerhana bulan yang penuh sejarah Meskipun ini adalah sebuah peristiwa yang sangat bersejarah, namun ada tips aman melihat gerhana matahari total agar tidak mengganggu mata.

Terjadinya gerhana matahari total tentu masyarakat tidak ingin melewatkan peristiwa langka ini, namun harus tetap menjaga aman mata kita. Caranya adalah tidak melihat secara langsung dengan mata telanjang, namun bisa kita lihat dengan menggunakan pantulan. Yang lebih disarankan adalah menggunakan kacamata khusus untuk melihat gerhana matahari total.

Apakah kacamata hitam juga bisa kita gunakan untuk melihat gerhana matahari total ?. Menurut Menteri Kesehatan, kacamata hitam tidak semuanya bisa digunakan. Belilah kacamata hitam yang bisa melindungi mata kita dari sinar UV secara langsung. Hal ini dikarenakan kacamata hitam ada yang tidak bisa melindungi mata kita dari sinar UV secara langsung. Atau yang paling baik adalah membeli kacamata khusus untuk melihat fenomena gerhana matahari total.

Apa resikonya jika kita melihat gerhana matahari total secara langsung ?. Menurut Menteri Kesehatan RI yang sekaligus seorang dokter spesialis mata mengatakan jika kita melihat gerhana matahari secara langsung, maka akan bisa merusak retina mata. Kita tahu bahwa fungsi dari retina adalah menerima cahaya yang masuk ke mata yang kemudian akan dikirim ke otak sehingga kita bisa membedakan banyak warna yang kita lihat.

Bagi masyarakat Indonesia fenomena bersejarah ini bisa kita saksikan di 12 provinsi yang berada di Indonesia. Beberapa provinsi yang dimaksud adalah Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Maluku Utara dan Sulawesi Tengah. Anda bisa menyaksikan gerhana matahari total ini pada pagi hari.


Posting Komentar untuk "Begini Tips Aman Melihat Gerhana Matahari Total"

banner 800x90