Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal-hal yang Penting Terdapat pada Siwak

Hikmahdanhikmah.com - HAL-HAL YANG TERDAPAT PADA SIWAK: Diriwayatkan bahwasanya Abu Darda RA berkata,
“Gunakanlah siwak, janganlah kalian lalai, dan teruslah menggunakannya. 



Sebab, dalam siwak itu terdapat beberapa manfaat:

1) Manfaat yang paling utama dan paling tinggi derajatnya adalah menjadi wasilah bagi seseorang dalam meraih ridha Allah SWT. Barang siapa dapat membuat Allah SWT ridha terhadap dirinya, niscaya Allah SWT akan memasukkannya ke dalam surga.

2) Orang yang menggunakan siwak berarti telah melaksanakan sunah Rasulullah SAW.

3) Shalat orang yang menggunakan siwak dua puluh tujuh derajat lebih utama daripada shalat orang yang tidak menggunakannya.

4) Orang yang menggunakan siwak akan meraih kelapangan rezeki dan kekayaan.

5) Siwak dapat menghilangkan sakit gigi, menguatkan gusi, serta member-sihkan dan membuat gigi-gigi menjadi berkilau. Napas orang yang menggunakan siwak akan segar dan harum.

6) Siwak dapat menghilangkan sakit kepala. Selain itu, siwak dapat membuat pembuluh darah arteri dan vena bekerja dengan baik.

7) Karena cahaya yang terpancar di wajah orang yang menggunakan siwak, para malaikat akan bermusafahah dengannya dan menemaninya ketika ia pergi ke masjid untuk melaksanakan shalat.

8) Ketika amal perbuatan orang yang menggunakan siwak akan disampaikan, para malaikat yang menopang Arsyul A’la beserta para nabi dan rasul akan beristigfar untuknya.

9) Pintu-pintu surga akan terbuka bagi orang-orang yang menggunakan siwak. Kemudian, akan dikatakan bahwa ia adalah seseorang yang mengikuti sunah para nabi dan berjalan di jalan mereka. Pada hari itu, pahala semua orang yang menggunakan siwak akan diberikan kepadanya dan hal ini akan terus berlanjut setiap hari.

10) Pintu-pintu neraka akan tertutup bagi orang-orang yang mengguna-kan siwak.

11) Orang yang menggunakan siwak akan keluar dari dunia dalam keadaan bersih dari kotoran-kotoran maknawiyah.

12) Ketika ruhnya dicabut, orang yang menggunakan siwak akan melihat malakul maut (Izrail AS) dalam rupa yang bagus sebagaimana yang dilihat oleh para nabi.

13) Kubur orang yang menggunakan siwak akan diluaskan. Bumi akan berbicara dengannya karena cinta kepadanya. Kemudian, bumi akan berkata, “Ketika kau berada di atasku, aku sangat menyukai suaramu dan sekarang aku akan membantumu.”

14) Allah SWT akan mengambil seluruh penyakit dari dalam tubuh orang yang menggunakan siwak dan memberikannya kesehatan.

15) Ketika para nabi dipakaikan pakaian-pakaian yang berharga (di surga), orang-orang yang menggunakan siwak pun akan dipakaikan pakaian itu juga. Ketika para nabi diberikan jamuan, mereka pun akan diberikan jamuan, dan mereka akan masuk surga bersama para nabi tanpa dihisab. (HR Munawi, Faidhul Qadir)

Sumber artikel: Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Hal-hal yang Penting Terdapat pada Siwak"

banner 800x90