April 27, 2021

Khaja Muhammad Zahid Badakhsyi KS

Hikmahdanhikmah.com - KHAJA MUHAMMAD ZAHID BADAKHSYI KS: Syekh Maulana Muhammad Zahid Badakhsyi KS yang merupakan mata rantai ke-19 dalam silsilah saadat adalah cucu dari Syekh Ya’qub Al-Jarkhi KS yang merupakan mata rantai yang ke-17 dalam silsilah saadat, yakni anak dari putrinya. (Silsilah Saadat)

Gambar ilustrasi ;memberikannya sebuah kertas

Selain itu, beliau juga merupakan salah seorang murid besar Khaja Ubaidullah Al-Ahrar KS yang merupakan mata rantai ke-18 dalam silsilah saadat dan termasuk orang yang terpandang di sisi gurunya tersebut. Beliau berkata, “Pada tahun 885 H (1480 M), aku mendapatkan kemuliaan dengan mengikuti sohbet syekhku, Ubaidullah KS. Puji syukur ke hadirat Allah SWT, aku telah berkhidmah kepadanya selama dua belas tahun.”

Ketika pertama kali bertemu dengan Khaja Muhammad KS, Khaja Ubaidullah Al-Ahrar KS memberikannya sebuah kertas dan mengingatkannya agar menjaga kertas itu dengan baik dan jangan sampai menghilangkannya. 

Berikut ini adalah tulisan dalam kertas tersebut:

“Sesungguhnya hakikat ibadah adalah khusyuk, khudu’, inkisar, dan tadharru’. Cara agar semua ini terbentuk dalam hati adalah dengan menyaksikan keagungan Allah SWT.

Tercapainya kebahagiaan ini pun tergantung pada mahabbah kepada Allah SWT.

Terbentuknya mahabbah (kepada Allah SWT) itu tergantung kepada mengikuti Rasulullah SAW.

Adapun mengikuti Rasulullah SAW itu hanya bisa dilakukan dengan mengetahui usulnya (tata caranya).

Oleh karena itu, mengikuti ulama-ulama yang merupakan ahli waris ilmu-ilmu agama (dan yang menyampaikan ilmu tersebut) adalah sebuah keharusan.

Kita harus berusaha sekuat tenaga untuk menghindari ulama-ulama buruk yang menggunakan ilmu-ilmunya untuk dipamerkan dan untuk tujuan-tujuan duniawi. Selain itu, kita juga harus berusaha sekuat tenaga untuk menghindari perkataan-perkataan yang merugikan akidah Ahlussunah wal Jamaah bagaimana pun bentuknya. Menuntut ilmu haruslah untuk meraih ilmu hakiki yang merupakan buah dari mengikuti Rasulullah SAW. Wassalam.” (Rasyahat)

NAMA-NAMA: Laki-laki: Ahmad, Perempuan: Khadijah

Sumber artikel: Fazilet takvimi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar