Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lakukan Tips Ini Agar Bayi Anda Tidur Berkualitas



Hikmahdanhikmah.com – Bagi orang tua yang mempunyai anak kecil pasti pernah mengalami anaknya terganggu tidurnya pada malam hari. Apalagi bagi mereka yang baru mempunyai seorang anak tentu akan membuat orang tua panik. Padahal kita tahu bahwa tidur malam pada bayi sangat penting bagi proses perkembangan bayi. Untuk mengatasi hal ini, maka sebaiknya para ibu melakukan hal ini agar bayi anda bisa tidur dengan berkualitas.

Apa dampaknya jika seorang anak atau bayi sering mengalami gangguan tidur pada malam hari ?. Menurut Dr March dalam bukunya yang berjudul Healthy Sleep Habits, Happy Child menyatakan bahwa seorang bayi yang mengalami gangguan tidur pada malam hari akan sangat berpengaruh pada kemampuan kognitif, emosional dan perilaku.

Selain berdampak buruk bagi kesehatan bayi kita, bayi yang sering terganggu tidurnya pada malam hari juga membuat para orang tua merasa kelelahan karena kurang tidur.
Selain itu menurut Dr. Harriet Hiscock yang melakukan sebuah studi mengatakan anak yang memiliki pola tidur yang berkualitas akan menurunkan resiko depresi bagi para ibu. Mengingat pentingnya menjaga kualitas tidur bayi pada malam hari maka banyak para pakar yang memberikan tips bagaimana cara membuat tidur anak atau bayi kita lebih berkualitas.

Ternyata menurut Dr. Harriet tips yang sangat ampuh agar anak kita bisa tidur dengan berkualitas adalah peran sang ayah kepada anak. Misalnya saat bayi atau anak mau tidur maka sebaiknya seorang ayah menyanyikan lagu-lagu yang membuat anak menjadi ngantuk misalnya nina-bobok, dan memberikan pijatan hangat kepada sang bayi. Perilaku seperti ini ternyata berdasarkan penelitian akan membuat anak kita tidur dengan lelap.

Selain melakukan hal itu, sangat disarankan kepada para ibu yang apabila melihat tanda-tanda anaknya mengantuk maka sebaiknya menaruhnya dan bukan menggendong. Dengan menaruh bayi maka akan membuat orang tua juga akan tidur untuk menghindari kelelahan akibat merawat bayi. Selain itu sangat disarankan untuk menghindari menonton televisi pada kamar saat anak atau bayi mau tidur.

Banyak orang tua yang belum mengetahui kalau TV yang kita letakkan di kamar akan bisa memicu anak kita tidur dengan kurang berkualitas. Apalagi kebiasaan kita kalau mau tidur selalu di temani dengan TV. Hal ini akan membuat tidur bayi kita menjadi kurang berkualitas. Sebaiknya anda menaruh TV di ruang santai keluarga dan bukan pada tempat tidur.

Artikel Terkait : Dampak Jarang Mengganti Popok Bayi

bagaimana cara meningkatkan kualitas tidur bayi, cara mengatasi bayi yang sering terganggu tidur pada malam hari, Lakukan Tips Ini Agar Bayi Anda Tidur Berkualitas

Posting Komentar untuk "Lakukan Tips Ini Agar Bayi Anda Tidur Berkualitas"

banner 800x90