Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengorbanan Abu bakar Ash-Shiddiq RA

Hikmahdanhikmah.com - PENGORBANAN ABU BAKAR ASH-SHIDDIQ RA: Abdullah bin Zubair RA berkata, “Abu Bakar RA selalu membeli dan memerdekakan budak-budak lemah yang disiksa oleh kaum musyrik karena mereka masuk Islam. Ayahnya bertanya kepadanya, ‘Kenapa engkau hanya memerdekakan budak-budak yang lemah dan tidak memerdekakan yang kuat?’ Beliau menjawab, ‘Agar Allah SWT juga membebaskan aku sebagai hamba-Nya yang lemah dari api neraka’.”



Salah seorang budak yang dimerdekakan oleh Abu Bakar RA adalah Bilal bin Rabah RA. Dengan beberapa emas, Abu Bakar RA membeli dan memerdekakan Bilal RA yang merupakan budak Umayyah bin Khalaf yang sering mendapatkan siksaan dari orang-orang musyrik karena keislamannya.

Ketika melihat kedermawanan yang begitu besar dalam diri Abu Bakar RA, orang-orang musyrik berkata, “Pasti ada kebaikan yang Bilal lakukan kepada Abu Bakar sehingga Abu Bakar membeli dan memerdekakannya.” 

Atas hal itu, Allah SWT menurunkan surat Al-Lail ayat 17-21 yang artinya, “Akan dijauhkan darinya (neraka) orang yang paling bertakwa, yang menginfakkan hartanya (di jalan Allah SWT) untuk membersihkan (dirinya) dan tidak ada seorang pun yang memberikan suatu nikmat kepadanya yang harus dibalasnya, tetapi (dia memberikan itu semata-mata) karena mencari keridaan Tuhannya Yang Mahatinggi. Sungguh, kelak dia akan mendapat kesenangan (yang sempurna).”

Ayat-ayat suci Al-Quran tersebut turun untuk menolak pernyataan orang-orang musyrik tersebut dan untuk menghargai pengorbanan yang dilakukan oleh Abu Bakar RA yang hanya untuk mendapatkan ridha Allah SWT. Semua ahli tafsir memberikan pendapat seperti itu. Di samping itu, ayat-ayat suci di atas memiliki hukum yang umum, yakni memberikan kabar gembira bahwa orang-orang beriman yang dermawan yang disifatkan dengan ketakwaan akan memperoleh ganjaran yang besar. Semoga Allah SWT tidak memisahkan kita dari mahabbah dan hubungan dengan orang-orang yang mulia itu. Amin.

Sumber artikel Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Pengorbanan Abu bakar Ash-Shiddiq RA"

banner 800x90