Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah yang dimaksud Waktu kiblat dan hari Kiblat

Hikmahdanhikmah.com - APAKAH YANG DIMAKSUD WAKTU KIBLAT DAN HARI KIBLAT SEDUNIA?: Waktu kiblat adalah waktu saat kiblat ditentukan dengan matahari. Artinya, saat matahari bertepatan dengan arah sudut kiblat lokasi keberadaan kita atau bertepatan dengan perbedaan sudut tertentu. Misalnya, di Turki, negara-negara Eropa, negara-negara Afrika dan kota Perth di Australia, pada waktu kiblat kota tersebut pada hari itu, seseorang yang menghadap ke arah matahari berarti sama saja menghadap ke arah kiblat.




Waktu kiblat selalu berubah setiap harinya seperti waktu shalat. Arah kiblat di tempat mana pun dapat ditentukan secara praktis sebagai berikut. Jika seseorang menghadap ke arah matahari pada “Waktu Kiblat” (W. Kiblat) yang terdapat di kolom terakhir jadwal waktu shalat setiap kota pada kalender hari itu, berarti ia sama saja menghadap ke arah kiblat.

Sementara itu, misalnya, jika seseorang berada di tempat yang tertutup, bayangan tepi vertikal jendela yang menghadap matahari menunjukkan arah kiblat pada “Waktu Kiblat” (W. Kiblat). Arah ini dapat ditandai, dan dengan begitu, arah kiblat dapat ditentukan dengan cara yang paling praktis dan akurat.


Hari Kiblat Sedunia yang dikenal dengan hari rashdul kiblat adalah hari ketika posisi matahari tepat berada di atas Ka’bah. Hari rashdul kiblat datang dua kali dalam satu tahun, yaitu pada tanggal 27Mei pukul 16.18 WIB dan tanggal 16 Juli pukul 16.28 WIB. Pada dua waktu tersebut, setiap bayangan benda yang tegak lurus di atas permukaan bumi yang mendapat sinar matahari akan menghadap ke arah Ka’bah.

Metode rashdul kiblat pada dasarnya adalah menentukan posisi matahari ketika berada di atas Ka’bah. Ketika itu, deklinasi matahari sama atau mendekati lintang Ka’bah sehingga pada saat itu seluruh bayangan benda yang tegak lurus di permukaan bumi akan menghadap ke arah Ka’bah. Posisi matahari yang seperti ini biasa disebut dengan istiwa’ A’dzam.

BAIT kata Hikmah

Bezlini evvel bahârın kûha sor hâmûna sor

Mâl-i dünyâdan ne alıp gittiğin Kârûn’a sor            (Hayali)

(Tanyakan apa yang tersisa dari keindahan pancaran musim semi dari pegunungan dan dataran. Tanyakan kepada Karun, yang membawa kunci-kunci hartanya di atas unta, apa yang dia dapat dan tinggalkan ketika dia meninggalkan dunia.)


Sumber artikel ; Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Apakah yang dimaksud Waktu kiblat dan hari Kiblat"

banner 800x90