Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aku Ingin Mereka Menjadi saksi Bagiku

Hikmahdanhikmah.com - AKU INGIN MEREKA MENJADI SAKSI BAGIKU: Hakam RA menceritakan,


Sumber gambar ; jateng.inews.id


“Aku melihat Abu Umayyah RA sedang melaksanakan shalat fardu di Masjidil Haram. Setelah melaksanakan shalat fardu, ia melaksanakan shalat (sunah) di tempat-tempat yang berbeda (di dalam masjid). Setelah ia menyelesaikan shalatnya, aku bertanya kepadanya, ‘Apa hikmah dari perbuatanmu (shalat dengan berpindah-pindah) ini?’ Abu Umayyah RA pun menjawab,

‘Aku pernah membaca surat Al-Zalzalah. Ketika membaca ayat ke-4 surat itu yang artinya, ‘Pada hari itu, bumi menyampaikan beritanya,’ aku ingin tempat-tempat yang aku bersujud di atasnya kelak menjadi saksi bagiku pada hari kiamat. Oleh sebab itu, aku melakukan hal tersebut.’”

HIKMAH BACAAN ZIKIR YANG DIBACA SETELAH SHALAT

Imam Rabbani KS berkata dalam sebuah maktubnya,

“...Menurut hamba yang fakir ini, hikmah membaca tasbih, tahmid, dan takbir yang masing-masing sebanyak 33 kali dan menambahkan satu kali bacaan tahlil setelah melaksanakan shalat fardu adalah (bacaan zikir tersebut) sebagai pengganti kesalahan dan kekurangan yang terjadi dalam shalat dan sebagai pengakuan bahwasanya ibadah (shalat) tersebut belum sepenuhnya dilakukan dengan semestinya. Jika ibadah ini dapat dikerjakan dengan mudah dengan pertolongan Allah SWT, kita harus mengungkapkan rasa syukur atas nikmat ini dengan mengucapkan ‘Alhamdulillāh’ dan tidak boleh menganggap adanya sesuatu yang layak disembah selain Allah SWT.

Seorang muslim harus melaksanakan shalat dengan memperhatikan syarat-syarat dan rukun-rukunnya secara sempurna, kemudian melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada dengan mengucapkan ‘Subhānallāh’. Seorang muslim juga harus bersyukur dengan mengucapkan ‘Alhamdulillāh’ atas nikmat taufik (dalam melaksanakan shalat). 

Kemudian, ketika ia mengingkari adanya sesuatu yang berhak disembah selain Allah SWT dengan mengucapkan ‘Allāhu Akbar’, shalat yang dikerjakannya pun menjadi layak diterima di sisi Allah SWT. Orang yang melaksanakan shalat seperti ini akan menjadi mushalli yang mencapai keselamatan. Ya Allah, dengan keberkahan kekasih-Mu, Rasulullah SAW, masukkanlah kami ke dalam golongan mushalli yang mencapai keselamatan...! Āmīn (Maktubat Syarifah, Jilid 1, maktub 304)

NAMA-NAMA: Laki-laki: Kemal, Perempuan: Kubra

Sumber artikel : Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Aku Ingin Mereka Menjadi saksi Bagiku"

banner 800x90