Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Saja Gejala Penyakit Polio Pada Anak ?




Hikmahdanhikmah.com – Tahukah kita bahwa polio merupakan jenis penyakit infeksi yang tergolong berat yang sampai saat ini belum ada obatnya. Jenis penyakit ini bisa menyebabkan kelumpuhan bahkan sampai pada resiko kematian. Untuk itu pencegahan penyakit polio dengan melakukan vaksinasi sangatlah penting.
Menurut salah seorang dokter spesialis anak yang bernama dr. Azizah Retno Kustiah mengatakan, penyakit polio merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh virus yang bernama poliovirus (PV). Virus polio ini bisa masuk ke dalam tubuh kita melalui mulut yang kemudian bisa menimbulkan infeksi pada usus. Selain pada saluran pencernaan, virus polio juga akan berusaha masuk pada pembuluh darah dan mengganggu sistem syaraf tepi (perifer).

Apabila virus polio sudah berhasil masuk ke sistem saraf manusia, maka efeknya akan menyebabkan kelemahan pada otot dan menyebabkan kelumpuhan. Untuk gejala pada anak yang menderita polio akan mengalami demam yang disertai dengan melemahnya otot yang membuat kita lemas.
Pada beberapa kasus polio yang menyerang anak menimbulkan gejala yang bervariasi. Bahkan pada beberapa anak tidak menimbulkan gejala yang berarti. Namun menurut para ahli secara umum gejala polio adalah adanya demam yang tinggi, disertai dengan lesu, adanya nyeri pada otot, kepala pusing dan nyeri tenggorokan. Setelah seminggu berlalu, gejala polio akan hilang. Bahkan pada sebagian anak gejala polio bisa membuat kaki anak menjadi mengecil atau kita kenal dengan istilah atrofi otot.
Untuk itu menurut Kementerian Kesehatan Indonesia vaksinasi polio bagi bayi dan anak sangatlah penting untuk mencegah terinfeksi virus polio. Dengan melakukan vaksinasi, maka akan membuat sistem kekebalan tubuh semakin bagus dalam menangkal virus polio. Saat ini Indonesia sudah berhasil bebas dari penyakit polio yang terjadi mulai tahun 1996 sampai 2005.

Pemerintah Indonesia menyelenggarakan Pekan Imunisasi Nasional secara serentak di 32 provinsi yang berada di Indonesia untuk melakukan imunisasi polio secara serentak. Pemberian imunisasi sendiri diberikan kepada bayi yang berusia mulai dari 0 sampai 59 bulan yang diberikan melalui vaksin tetes pada mulut.


Artikel Terkait : Sampai Saat Ini Obat Polio Belum Ditemukan

Apa Saja Gejala Penyakit Polio Pada Anak, beberapa gejala penyakit polio yang menyerang anak, cara mengenali gejala polio yang menyerang anak

Posting Komentar untuk "Apa Saja Gejala Penyakit Polio Pada Anak ?"

banner 800x90